Connect with us

Artikel Top Peluit

3 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Nonton Live Pertandingan Euro 2020

Salah satu pertandingan sepakbola paling bergengsi di Eropa adalah Euro Champions. Kejuaraan yang diikuti oleh berbagai negara di Eropa ini berlangsung sekali dalam empat tahun. Sejumlah pemain terbaik dunia juga ikut memeriahkan pertandingan untuk membela negaranya masing-masing.

Menonton langsung pertandingan sepakbola tentu menimbulkan sensasi tersendiri, terutama jika Anda penggemar olahraga ini. Bahkan, jika Anda merupakan penggemar dari salah satu klub sepakbola atau fans dari salah seorang pemain sepakbola, pengalaman menonton secara live tentu akan sangat berkesan.

Wajib bagi Anda menyisihkan anggaran atau menyediakan waktu untuk menonton pertandingan Piala Euro yang akan diadakan lagi pada 2020. Supaya dapat mempersiapkan diri menonton pertandingan secara live, berikut sejumlah informasi yang perlu Anda tahu.

1. Kejuaraan Euro 2020 diadakan di 12 tempat

Roma adalah tempat yang eksotis dan populer di kalangan wisatawan. Anda bisa berkunjung ke negara ini untuk menikmati keindahan sejumlah bangunan bergaya arsitektur megah. Sekalian, sambil traveling, Anda bisa menonton laga pembuka Kejuaraan Euro 2020 yang diadakan di Stadion Olimpico.

Kejuaraan yang dimulai pada 12 Juni 2020 dan akan berlangsung hingga 12 Juli 2020 ini adalah pertandingan antara Turki dan Italia. Pemilihan Roma sebagai tuan rumah laga pembuka didasarkan dari hasil pertemuan Komite Eksekutif UEFA yang diadakan di Nyon, Swiss pada 7 Desember 2017 lalu.

UEFA juga akan memindahkan 4 pertandingan dari Brussels ke London. Brussels tidak jadi ditunjuk sebagai tuan rumah karena pembangunan Eurostadium di kota itu masih tertunda. Stadion Wembley, London, dijadwalkan menggelar 7 pertandingan.

Sebelumnya, Wembley pun telah dipilih sebagai tuan rumah babak semifinal dan final pada Kejuaraan Euro 2020 mendatang. Ada pun negara penyelenggara selain Roma dan London berdasarkan grup yang ditandingkan adalah:

  • Pertandingan Grup A yang terdiri atas Italia, Swiss, Turki, dan Wales akan dilangsungkan di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan.
  • Pertandingan Grup B yang terdiri atas Belgia, Rusia, Denmark, dan Finlandia akan dilangsungkan di Krestovsky Stadium, St. Petersburg, Rusia, dan Parke Stadium, Kopenhagen, Denmark.
  • Pertandingan Grup C yang terdiri atas Ukraina, Belanda, Austria, dan pemenang play-off D akan dilangsungkan di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda dan Arena Nationala, Bukares, Rumania.
  • Pertandingan Grup D yang terdiri atas Inggris, Kroasia, Republik Ceko, dan pemenang play-off C akan dilangsungkan di Wembley Stadium, London, Inggris dan Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.
  • Pertandingan Grup E yang terdiri atas Spanyol, Polandia, Swedia, dan pemenang play-off B akan dilangsungkan di San Mames, Bilbao, Spanyol, dan Aviva Stadium, Dublin, Irlandia.
  • Pertandingan Grup F yang terdiri atas Jerman, Prancis, Portugal, dan pemenang play-off A akan dilangsungkan di Allianz Arena, Munchen, Jerman, dan Puskas Arena, Budapest, Hongaria.

Nah, dengan mengetahui tempat pelaksanaan pertandingan Euro 2020, Anda bisa menyusun itinerary perjalanan dengan baik dan cermat. Bahkan, jika memiliki anggaran cukup, Anda bisa melakukan tour Eropa sambil menonton sepakbola. Asyik, bukan?

2. Tiket pertandingan sudah bisa dibeli

Menurut Alexei Sorokin, Kepala Komite Penyelenggara Lokal (LO) Russia-2020 sekitar 1,5 juta tiket telah didistribusikan kepada para penggemar. Jumlah ini sekitar 50 persen dari tiket yang tersedia.

Permintaan tiket dari para fans kepada UEFA jauh melebihi dari penyelenggaraan 2016 lalu. UEFA mengaku telah menerima permintaan sebanyak 19,3 juta untuk penjualan pertama. Ini merupakan rekor baru yang belum pernah terjadi.

Adanya kebijakan fan first UEFA bertujuan untuk memprioritaskan penonton sehingga dapat menyaksikan pertandingan dan mendukung tim favoritnya secara langsung. Dalam kebijakan ini, sebanyak 82 persen tiket ditujukan untuk para fan. Ada sekitar 1 juta tiket yang dijual dengan harga maksimal 50 Euro. Harganya cukup terjangkau untuk banyak kalangan.

Selain itu, ada pula tiket dengan harga 100 Euro. Tiket ini ditujukan untuk pertandingan semifinal dan final yang dilangsungkan di London. Jika belum mendapatkan kesempatan untuk membeli di fase pertama, Anda akan menjadi prioritas pada periode selanjutnya.

Sekitar 1,9 juta tiket telah dipesan untuk pertandingan final. Ini merupakan jumlah pemesanan tertinggi. Fase penjualan tiket selanjutnya telah dilakukan pada akhir Desember lalu.

3. Wembley Stadium adalah stadion penyelenggara EURO terbesar

Di antara semua stadion yang akan dipakai untuk penyelenggaraan Euro 2020, Wembley Stadium merupakan yang paling besar. Stadion ini memiliki kapasitas 90.000 tempat duduk. Bahkan, ada juga tempat khusus berdiri yang menampung sekitar 15.000 orang. Area ini biasanya digunakan jika ada acara konser. Sejumlah artis seperti Green Day, Muse, Metallica, dan U2.

4. Berwisata di London

Nah, sambil menonton laga final yang pasti akan seru, Anda juga bisa sekaligus berwisata di London. Ada sejumlah tempat wisata yang wajib dikunjungi, seperti The Royal Botanical Garden Kew, Westminster Abbey, Istana Buckingham, Istana Westminster, dan sebagainya.

London juga terkenal dengan museum-museum yang megah dan indah. Anda juga bisa datang ke distrik hiburan West End yang terletak di Leicester Square. Tempat ini merupakan lokasi pemutaran film-film dunia untuk pertama kalinya. Posisinya hampir setara dengan Broadway di New York City.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Euro 2020. Peluang untuk menyaksikan secara langsung ajang kompetisi sepakbola ini hanya datang sekali dalam empat tahun. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Siap untuk menonton langsung para pesepakbola favoritmu?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cuplikan Pertandingan

Real Madrid 1-1 Osasuna Pekan 7
Posted on 3 Oktober 2022 by Raul7
3 views
Atlético Madrid 1-2 Real Madrid Pekan 6
Posted on 19 September 2022 by Raul7
279 views
UD Almería 0-1 Osasuna Pekan 5
Posted on 13 September 2022 by Raul7
7 views
Real Betis Balompié 1-0 Villarreal Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
5 views
Getafe 2-1 Real Sociedad Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
3 views
Elche CF 1-4 Athletic Club Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Real Madrid 4-1 RCD Mallorca Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Atlético Madrid 4-1 Celta Vigo Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Cádiz CF 0-4 Barcelona Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
4 views
Espanyol 2-3 Sevilla Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views

LIKE US ON FACEBOOK

More in Artikel Top Peluit