Connect with us

Artikel Top Peluit

Alvaro Morata Resmi Bergabung dengan Juventus: Striker yang Tepat?

Morata Transfer ke Juventus

Mantan Bintang Si Nyonya Tua yang Kembali Pulang

Pencarian penyerang murni untuk klub binaan Andrea Pirlo ini akhirnya menemui titik terang. Alvaro Morata kembali ke Juventus usai menyepakati kepindahan dari Atletico Madrid.

Penyerang asal Spanyol ini berseragam putih-hitam dengan status pinjaman. Pemain berusia 27 tahun ini akan tetap bermain di Serie A sampai musim 2020-2021 berakhir. Namun, Juventus punya opsi untuk memperpanjang masa peminjamannya atau membelinya secara permanen sesuai harga yang sudah disepakati.

Atletico Madrid akan menerima 10 juta euro dari Juventus untuk setiap musim peminjamannya. Morata bisa dipermanenkan pada tanggal 1 Juli, setelah masa peminjamannya selesai. Juventus punya opsi untuk mempermanenkan pembelian Morata di akhir musim ini dengan biaya 44 juta euro atau di musim kedua peminjaman dengan biaya 34 juta euro.

Morata pernah bermain untuk Juventus pada tahun 2014 sampai 2016 dengan prestasi 2 gelar Serie A. Dari Juventus, Morata lalu pulang ke Real Madrid dengan buy back clause. Saat kembali ke ibu kota Spanyol, penyerang bertinggi 187 cm ini bermain bagus di 1 musim sehingga menarik perhatian Chelsea. Namun, saat di London Barat, Morata bermain tidak memenuhi ekspektasi sehingga dipinjamkan ke Atletico Madrid satu setengah musim kemudian. Pada 1 Juli 2020, Atletico menembus Morata untuk dipermanenkan di bawah Diego Simeone.

Baca juga: Cuci Gudang Barcelona Era Ronald Koeman Dimulai!

Efek Domino Transfer ini Hingga Ancaman Pidana untuk Luis Suarez

Penyerang tim nasional Uruguay ini tidak diinginkan oleh Barcelona lagi. Kemudian, klub asal Katalan ini bersedia melepas Suarez dengan cuma-cuma alias gratis.

Penyerang berusia 33 tahun ini dikabarkan sudah semakin dekat dengan Atletico Madrid, namun harus bersedia mengurangi gajinya. Suarez hanya akan menerima 15 juta euro per tahun di Atletico, di mana saat bersama Barcelona ia menerima 30 juta euro per tahun.

Suarez di Italy menuju Juventus

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu tidak ingin Suarez pergi ke klub rival di Spanyol. Namun, setelah pertemuan dengan perwakilan Suarez, Barcelona akhirnya bersedia melepas ke Atletico Madrid.

Atletico diharuskan untuk membayar sejumlah uang yang tidak lebih dari 4 juta euro untuk Suarez. Biaya tersebut tergantung oleh banyak variabel, termasuk kualifikasi Liga Champions.

Sebelumnya, Suarez dikabarkan sudah dekat sekali untuk pindah ke Juventus. Namun, Juventus ingin mendatangkan pemain dengan kuota Uni Eropa sehingga Suarez diharuskan memiliki paspor Italia. Dalam tes untuk mendapatkan paspor Italia, semua orang diharuskan melakukan tes bahasa. Menurut kepolisian Italia, Suarez melakukan kecurangan sehingga terancam dipidana. Walaupun pada akhirnya, kasus ini masih diselidiki. Suarez gagal mendapatkan paspor Italia tepat waktu sehingga ia gagal pindah ke Juventus.

Bongkar Pasang Juru Gedor Bianconeri

Juventus membuka Serie A musim 2020-2021 dengan kemenangan 3-0 melawan Sampdoria. Dengan formasi 3-5-2, Andrea Pirlo menempatkan 2 penyerang di depan. Namun, 2 penyerang tersebut bukanlah penyerang murni.

Cristiano Ronaldo dan Dejan Kulusevski menempati 2 pos penyerang di pertandingan tersebut. Mereka berdua aslinya adalah pemain sayap di mana Ronaldo adalah sayap kiri dan Kulusevski adalah sayap kanan. Walaupun mereka berdua masing-masing mencetak 1 gol, hal tersebut tidak menyembunyikan fakta bahwa Juventus tidak punya penyerang murni kala itu.

Pirlo

Gonzalo Higuain adalah penyerang murni terakhir yang mereka punya. Sayangnya, Higuain dinilai tidak cocok untuk bermain lagi di Juventus. Higuain dinilai sudah terlalu gemuk dan tidak mampu lagi bersaing di level tertinggi. Akhirnya, Higuain dilepas oleh Juventus ke Inter Miami FC di Amerika Serikat. Inter Miami adalah klub milik mantan bintang sepak bola Manchester United, David Beckham.

Banyak rumor yang beredar sejak jendela transfer ini dibuka mengenai penyerang murni Juventus. Bianconeri sudah pernah dikaitkan dengan penyerang seperti Edin Dzeko dari AS Roma, Arkadiusz Milik dari Napoli, Olivier Giroud dari Chelsea, Luis Suarez dari Barcelona, bahkan sampai Edinson Cavani dari PSG. Rumor terbaru, Juventus tertarik untuk mendatangkan mantan penyerang mereka, Moise Kean dari Everton.

Dengan sudah didapatkannya penyerang murni di diri Alvaro Morata, Juventus tentu memiliki opsi lain untuk bermain. Meski diragukan karena tidak punya pengalaman melatih sama sekali, Andrea Pirlo berhasil membuktikan dengan kemenangan di laga resmi pertamanya. Pirlo berhasil membuat takjub, pasalnya berhasil bermain mendominasi dan menyerang walaupun belum punya penyerang murni. Kini, dengan datangnya Morata, pertanyaannya adalah: apakah penyerang asal Spanyol ini bisa membawa Juventus ke level selanjutnya?

Baca juga: 5 Alasan Inter Milan akan Mencuri Scudetto Juventus
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: AS Roma vs Juventus: Duel Nasib Kontras Klub Besar Italia

  2. Pingback: Seven Sisters: Era Keemasan Sepak Bola Italia dan Serie A

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cuplikan Pertandingan

Atlético Madrid 1-2 Real Madrid Pekan 6
Posted on 19 September 2022 by Raul7
279 views
UD Almería 0-1 Osasuna Pekan 5
Posted on 13 September 2022 by Raul7
7 views
Real Betis Balompié 1-0 Villarreal Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
5 views
Getafe 2-1 Real Sociedad Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
3 views
Elche CF 1-4 Athletic Club Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Real Madrid 4-1 RCD Mallorca Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Atlético Madrid 4-1 Celta Vigo Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Cádiz CF 0-4 Barcelona Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
4 views
Espanyol 2-3 Sevilla Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Rayo Vallecano 2-1 Valencia Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views

LIKE US ON FACEBOOK

More in Artikel Top Peluit