Connect with us

Artikel Top Peluit

Daftar Juara Euro dari Tahun ke Tahun, Ini Negara Yang Paling Doyan Menang

Daftar Juara Euro dari Tahun ke Tahun, Ini Negara Yang Paling Doyan Menang
Piala Eropa adalah salah satu pertandingan sepakbola bergengsi yang digemari penonton. Turnamen ini kembali diselenggarakan pada 2020 ini.

Kejuaraan UEFA (Union of European Football Associations) atau disebut juga Kejuaraan Eropa dan Kejuaraan Euro merupakan turnamen sepak bola yang diadakan setiap empat tahun sekali. Kejuaraan ini telah dimulai sejak 1960. Sebelum masuk ke babak final, tim yang ikut harus mengikuti kualifikasi, kecuali tuan rumah.

Keuntungan menang di kejuaraan ini adalah mendapatkan kesempatan untuk bermain di Piala Konfederasi FIFA. Ini merupakan pagelaran sebelum Piala Dunia yang dilangsungkan satu tahun sebelumnya. Hingga saat ini, Kejuaraan Euro telah dilaksanakan sebanyak 15 kali. Terakhir diadakan pada 2016 lalu dan akan kembali diselenggarakan pada 2020 ini.

Juara Euro Paling Sering

Dari 15 kejuaraan yang telah dilangsungkan tersebut, sejumlah pemenang telah keluar. Saat ini, rekor masih dipegang oleh dua negara, yaitu Jerman dan Spanyol. Masing-masing menyabet gelar sebanyak tiga kali. Selain itu, ada satu negara yang telah menyabet gelar juara sebanyak dua kali, yaitu Prancis. Supaya lebih kenal, yuk simak ulasan mengenai tiga negara tersebut berikut ini.

Spanyol

Spanyol merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa bagian barat daya. Spanyol sebenarnya telah mulai berpartisipasi di Kejuaraan Euro sejak pertama kali digelar. Namun, karena masalah politis dengan Uni Soviet yang mendukung Republik Spanyol Kedua di Perang Sipil Spanyol, Spanyol memutuskan keluar dari kompetisi.

Pada pelaksanaan Kejuaraan Euro yang kedua pada 1964, Spanyol justru terpilih sebagai tuan rumah untuk babak final turnamen. Ada 29 tim yang mengikuti turnamen ini. Ada empat tim terakhir yang berhasil maju ke babak semifinal, yaitu Uni Soviet, Denmark, Spanyol, dan Hongaria.

Setelah berhasil melibas Hongaria dengan skor 2-1, Spanyol kembali bertemu dengan Uni Soviet di babak final. Pada pertemuan ini, Spanyol sukses merebut gelar Euro Champions untuk pertama kalinya. Dua gol dipersembahkan oleh Jesus Maria Pereda dan Marcelino Martinez.

Gelar kedua baru kembali dapat diraih Spanyol puluhan tahun berikutnya, yaitu 2008. Final Piala Eropa yang digelar di Austria dan Swiss ini terjadi antara Spanyol dan Jerman. Laga tersebut dimenangkan oleh Spanyol dengan skor 1-0 berkat tendangan gol dari Fernando Torres. Pemain Atletico Madrid ini adalah salah satu pemain sepakbola Spanyol terbaik.

Empat tahun berikutnya, yaitu pada 2012, Spanyol kembali meraih gelar ketiganya. Dengan keberhasilan ini, Spanyol berhasil mengukir namanya dalam daftar Juara Euro terbanyak selain Jerman. Turnamen sepakbola Eropa ke-14 ini diadakan di Polandia dan Ukraina pada 8 Juni hingga 1 Juli 2012.

Dalam pertandingan melawan Italia tersebut, Spanyol berhasil menunjukkan kedigdayaannya dengan skor 4-0. Masing-masing gol dipersembahkan oleh David Silva, Jordi Alba Ramos, Fernando Torres, dan Juan Mata. Sebelumnya, Spanyol bersaing dengan 4 negara lain dalam satu grup, yaitu Ukraina, Polandia, dan Belanda.

Jerman

Negara pemenang terbanyak Kejuaraan Euro lainnya adalah Jerman. Pertama kali Jerman menyabet gelar juara adalah pada 1972. Saat itu, statusnya masih Jerman Barat. Tuan rumah penyelenggara kejuaraan adalah Belgia, sebuah negara yang berada di Eropa bagian barat. Turnamen dilaksanakan pada 14 Juni hingga 18 Juni 1972.

Dalam kejuaraan ini, ada 4 negara yang berhasil melangkah ke babak semifinal, yaitu Jerman Barat, Uni Soviet, Belgia, dan Hongaria. Pertandingan final terjadi antara Jerman Barat dengan Uni Soviet.

Pertandingan ini dimenangkan oleh Jerman Barat dengan skor 3-0. Gol dilayangkan oleh Gerd Muller pada menit ke-27 dan ke-58. Kemenangan ini juga turut disempurnakan oleh Herbert Wimmer pada menit ke 52. Gerd Muller sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak yaitu sebanyak 4 gol.

Kemenangan selanjutnya diraih oleh tim Jerman Barat pada 1980, selang 8 tahun berikutnya. Menang dengan skor 2-1 melawan Belgia, Jerman Barat berhasil keluar sebagai pemenang di babak final. Sebelumnya, Jerman Barat melibas Cekoslowakia dengan skor 1-0 pada babak semifinal.

Kemenangan Jerman Barat di babak final dipersembahkan oleh gol dari Hrubesch pada menit ke-10 dan ke-88. Pertandingan yang diadakan di Stadion Olimpico, Roma ini menjadi salah satu bukti kesuksesan Jerman.

Pada 1996, Jerman kembali berhasil menunjukkan dominasinya di laga sepakbola antara negara-negara Eropa. Negara ini berhasil menang melawan Ceko dengan skor 2-1. Pertandingan yang diadakan di Inggris pada 8-30 Juni 1996 tersebut adalah persaingan antara 4 tim besar, yaitu Jerman, Ceko, Prancis, dan Inggris.

Dalam pertandingan final ini, Jerman berhasil meraih kemenangan berkat tendangan gol Oliver Bierhoff pada menit ke-73 dan ke-95. Pada babak sebelumnya, Jerman menang melawan Inggris melalui adu penalti setelah meraih skor sama 1-1.

Prancis

Setelah Spanyol dan Jerman, ada pula Prancis yang berhasil meraih rekor memenangkan Piala Euro sebanyak 2 kali. Negara ini pertama kali menggondol piala juara pada saat menjadi tuan rumah pada 1984.

Kejuaraan sepakbola Eropa yang ke-7 ini diadakan pada 12 hingga 27 Juni 1984. Babak semifinal diisi oleh Prancis, Portugal, Spanyol, dan Denmark. Setelah berhasil menaklukkan Portugal dengan skor 3-2, Prancis pun maju melawan Spanyol dan berhasil menang dengan skor 2-0. Gol dipersembahkan oleh Platini, dan Bellone.

Kemenangan kedua Prancis terjadi pada 2000. Prancis berhasil lolos ke babak final dan menang melawan Italia dengan skor 2-1. Dengan kemenangan tersebut, Prancis menjadi salah satu negara yang berhasil menyabet dua kali gelar juara.

Jadi, inilah 3 negara yang berhasil menjadi juara Euro sejak pertama kali diselenggarakan. Untuk menikmati pagelaran sepakbola terbesar di Eropa ini, jangan lupa untuk mengecek jadwal Piala Eropa pada tahun ini. Salam sepakbola.. prit!!!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cuplikan Pertandingan

Atlético Madrid 1-2 Real Madrid Pekan 6
Posted on 19 September 2022 by Raul7
279 views
Empoli 1-2 Roma Pekan 6
Posted on 13 September 2022 by Raul7
41 views
UD Almería 0-1 Osasuna Pekan 5
Posted on 13 September 2022 by Raul7
7 views
Real Betis Balompié 1-0 Villarreal Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
5 views
Getafe 2-1 Real Sociedad Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Elche CF 1-4 Athletic Club Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Real Madrid 4-1 RCD Mallorca Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Atlético Madrid 4-1 Celta Vigo Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Cádiz CF 0-4 Barcelona Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
4 views
Espanyol 2-3 Sevilla Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views

LIKE US ON FACEBOOK

More in Artikel Top Peluit