Connect with us

Piala Dunia

Gaji Wasit Piala Dunia gak Kalah Fantastis dari Pemain, Berapa sih Kira-kira?

Gaji Wasit Piala Dunia gak Kalah Fantastis dari Pemain

Gaji Wasit Piala Dunia 2022 - Piala Dunia merupakan ajang sepak bola paling bergengsi di dunia. Ketika Piala Dunia mulai, hampir semua mata akan tertuju pada kompetisi ini. Tidak hanya pemain saja yang akan menjadi sorotan, segala yang masuk ke dalam kamera pasti juga akan menjadi sorotan publik.

Salah satunya adalah wasit. Wasit adalah seseorang yang sangat penting dalam jalannya pertandingan sepak bola. Oleh karena itu, FIFA pasti tidak akan main-main dalam memilih wasit yang berkualitas.Akan menjadi kebanggaan seorang wasit yang bisa memimpin laga di Piala Dunia. 

Namun, pernah gak kamu bertanya-tanya, kira-kira berapa, sih, gaji dari wasit yang memimpin Piala Dunia 2022 selama satu bulan ini? Yuk kita ulas!

Gaji Wasit Piala Dunia

Tahun ini, FIFA telah mengontrak sebanyak 36 wasit utama, 69 asisten wasit dan juga 24 wasit VAR. Mengutip dari AS Sport, FIFA telah mengalokasikan dana khusus untuk membayar wasit utama. Ini belum termasuk asisten wasit dan juga wasit VAR, lho. 

Berikut adalah rincian detailnya.

Gaji Wasit Utama

Gaji Wasit Piala Dunia

Wasit Piala Dunia 2022

Wasit utama di Piala Dunia 2022 akan mendapat gaja sesuai dengan fase yang mereka pimpin. Pada fase grup, wasit utama akan mendapat gaji sebesar USD 3,000 atau Rp46 juta setiap pertandingannya. Upahnya akan meningkat ketika wasit memimpin di fase gugur. Pada fase knock-out, gaji para wasit utama meningkat menjadi USD 10,000 atau Rp155 juta.

Berbeda lagi ketika final. Jika wasit sukses memimpin seluruh pertandingan termasuk final, mereka bisa memperoleh gaji sampai USD 300,000 atau sekitar Rp4.6 miliar. Gaji yang sangat fantastis untuk seorang wasit, ya.

Gaji Asisten Wasit

Wasit Piala Dunia 2022

Asisten Wasit

Untuk sekelas asisten wasit saja juga mendapat gaji yang gak main-main, lho. Asisten wasit Piala Dunia 2022 menermia gaji USD 2,500 atau Rp38.9 jutadi babak grup. Di fase gugur, mereka akan dapat USD 5,000 atau sekitar Rp77.9 juta. Totalnya jika wasit memimpin sampai final, maka FIFA akan menggaji mereka sebanyak USD 150 ribu atau Rp2,3 miliar.

Gaji Wasit VAR

Gaji Wasit Piala Dunia

Wasit VAR

Wasit VAR cukup menjadi perbincangan di Piala Dunia ini. Pasalnya teknologi ini cukup banyak digunakan dan menjadi penentu kemenangan di setiap pertandingan. Wasit VAR yang bertugas akan mendapat bayaran USD 3,000 atau sekitar Rp46 juta setiap pertandingan. Sementara di fase gugur bayarannya meningkat menjadi USD 5,000 atau sekitar Rp77,9 juta.

Itulah gaji wasit Piala Dunia 2022 yang ternyata gak kalah fantastis dari pemain. Info seputar hasil dan jadwal pertandingan fase knock-out, bisa kamu lihat di sini!

Baca Juga

Bola Piala Dunia 2022 Ganti dari Al Rihla jadi Al Hilm di Semifinal

Siapa Saja Pemain dengan Gaji Tertinggi di Piala Dunia 2022?

Hadiah Piala Dunia 2022, Totalnya Sampai Rp6,9 Triliun

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P