Connect with us

Internasional

Gianluca Vialli Meninggal Dunia

Gianluca Vialli Meninggal Dunia

Gianluca Vialli Meninggal Dunia – Kabar duka datang dari dunia Sepak Bola. Sang legenda sepak bola Italia, Gianluca Vialli meninggal dunia. Kabar ini tentu menjadi pukulan bagi sepakbola Italia. Pasalnya, ia merupakan salah satu legenda sepak bola Italia yang saat ini menjadi asisten pelatih Timnas Italia.

Gianluca Vialli Sakit Kanker Pankreas

Vialli telah mengumumkan bahwa sosok 58 tahun tersebut sempat terkena kanker Pankreas. November 2018 ia sempat mengatakan bahwa ia sudah sembuh dari kanker.

Namun sayang, pada Desember 2021, ia sempat mengumumkan bahwa ia memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai asisten pelatih timnas Italia dan memilih untuk fokus menjalani pengobatan.

Takdir berkata lain, Vialli harus meninggal pada Jumat (6/1/2023) akibat dari penyakitnya tersebut.

Baca Juga: Didier Deschamps Perpanjang Kontrak dengan Timnas Prancis

Sosok Gianluca Vialli

FIGC menilah bahwa Vialli merupakan sosok yang sangat penting untuk Timnas Italia. Ia menjadi sosok yang juga berkontribusi dalam kesuksesan Italia meraih Euro 2020.

Vialli meninggal di usia 58 tahun. Pria kelahiran Cremona tersebut mengawali kariernya sebagai pesepakbola profesional dengan membela Cremonese di tahun 1980. Ia kemudian pindah ke Sampdoria pada 1984.

Bersama Sampdoria, ia telah memberikan gelar Serie A 1990/1991, tiga gelar coppa, dan runner-up Liga Champions karena takluk dari Barcelona di final. Salah satu duet mautnya adalah dengan Roberto Mancini di lini serang yang saat ini menjadi tandemnya di timnas Italia.

Sempat pindah ke Juventus, Ia kemudian pindah ke Chelsea sekaligus menjadi tempatnya pensiun pada 1999. Selama menjadi pemain, ia telah membuat 259 gol dari 673 penampilan. 141 saat berseragam Sampdoria, 53 gol di Juventus, dan 40 gol di Chelsea.

Ia juga punya 59 caps bersama timnas Italia dengan 16 gol. Ia tampil pada 1986, 1990, dan Euro 1992.

Karier Kepelatihan Gianluca Vialli

Ia mengawali karier kepelatihan saat menggantikan Ruud Gullit menangani Chelsea pada 21 Februari 1998. Bersama Chelsea, ia telah memberikan Piala FA, Liga Inggris, Community Shield, Winners cup, serta Piala Super Eropa.

Baca Juga

Hasil Salernitana vs AC Milan Liga Italia 2023, Skor 1-2

Semifinal Piala AFF Indonesia vs Vietnam Leg 1 Berakhir 0-0, Skuad Garuda Wajib Menang di Leg ke-2

Hasil Chelsea vs Manchester City Liga Inggris 2023 Berakhir 0-1, The Blues Makin Terpuruk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Internasional

P