Connect with us

Piala Dunia

Indonesia Masuk Piala Dunia pada Tahun 1938 Silam, Bagaimana Kiprahnya?

Indonesia Masuk Piala Dunia pada Tahun 1938 Lalu, Bagaimana Kiprahnya? – Siapa yang menyangka jika Indonesia pernah masuk Piala Dunia, lho. Ya, tepatnya pada tahun 1938 lalu. Penasaran seperti apa kiprahnya di Piala Dunia? Dan siapa saja skuad-nya? Berikut ulasannya.

Indonesia di Piala Dunia 1938

Tahun 1938 menjadi tahun yang mungkin dikenal oleh Timnas Indonesia karena pernah berkiprah di Piala Dunia. Namun, kala itu Indonesia masuk Piala Dunia dengan nama Hindia Belanda. Ya, 1938 adalah tahun di mana Indonesia masih belum merdeka dari Belanda. 

Kalau saat ini Timnas Garuda memakai baju kebanggaan berwarna Merah Putih, Hindia Belanda dulu masih mengenakan seragam berwarna Oranye. Persis seperti seragam kebanggaan Timnas Belanda saat ini. Lalu, bagaimana perjuangan tim Hindia Belanda di Piala Dunia?

Format Piala Dunia 

Saat itu, format Piala Dunia belum seperti sekarang. Turnamen dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap kualifikasi dan tahap Final Piala Dunia. Tahap kualifikasi digunakan untuk menentukan tim mana yang bakal lolos ke Final Piala Dunia. Final Piala Dunia inilah yang diikuti oleh 32 tim dan memperebutkan gelar juara.

Nah, Hindia Belanda kala itu secara beruntung bisa lolos langsung ke Final Piala Dunia 1938 setelah Jepang mundur dari babak kualifikasi karena perang melawan Cina. Dari laga itu pula, Hindia Belanda tercatat sebagai Tim Asia pertama yang ikut Piala Dunia.

Dibantai Hongaria

Indonesia Masuk Piala Dunia pada Tahun 1938 Lalu, Bagaimana Kiprahnya?

Hindia Belanda vs Hongaria

Hindia Belanda langsung bertemu dengan Hongaria di laga Piala Dunia 1938. Dalam pertandingan tersebut, Hongaria berhasil membantai Hindia Belanda dengan skor 6-0. Karena menggunakan format lama dengan sistem gugur, Hindia langsung pulang setelah dikalahkan Hongaria.

Itulah pertandingan satu-satunya yang dirasakan Indonesia di Piala Dunia. Setelah itu, Indonesia belum merasakan atmosfer Piala Dunia lagi hingga tahun ini.

Kenapa Hindia Belanda tidak tercatat sebagai Belanda? Karena Indonesia telah merdeka dari Belanda, FIFA memutuskan bahwa Indonesia adalah penerus dari tim Hindia Belanda. Jadi, ini adalah keputusan dari FIFA. Tidak hanya itu, skuad yang diusung juga kebanyakan dari warga pribumi. Siapa saja itu?

Skuad Hindia Belanda 1938

Berikut adalah Skuad Hindia Belanda saat Piala Dunia 1938

Pelatih: Johannes Mastenbroek (Belanda)

Kiper: Jack Samuels (Hercules Batavia), Tan “Bing” Mo Heng (HCTNH Malang)

Bek: Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Teilherber (Djocoja Djogjakarta), Frans G. Hu Kon (Sparta Bandung)

Midfielder: G.H.V.L. Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. van den Burgh (SVV Semarang), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja)

Striker: Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja), M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerabaja), Herman Zomers (Hercules Batavia), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac “Tjaak” Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja)

Baca Juga:

Prediksi Belgia vs Kanada di Piala Dunia 2022, Siapa yang Diunggulkan?

Skuad Jepang Piala Dunia 2022, Banyak Bintang Club Eropa

Prediksi Maroko vs Kroasia, Modric dan Kolega Siap Lumat Singa Atlas

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *