Connect with us

Piala Dunia

Jersey Timnas Beda dengan Warna Bendera, Kok Bisa?

Jersey Timnas Beda dengan Warna Bendera, Kok Bisa?

Jersey Timnas Beda dengan Warna Bendera, Kok Bisa? – Bendera menjadi simbol dari sebuah negara untuk dikenal dunia. Bendera juga bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi bangsanya serta memiliki sejarah panjang. Maka dari itu, tidak heran jika banyak negara yang menerapkan wrna atau motif di benderanya ke dalam berbagai hal.

Seperti contoh, jersey sepak bola. Jersey juga jadi simbol atau kebanggaan tersendiri bagi tim nasional sebuah negara. Tidak heran jika banyak negara yang memdukan jersey dengan bendera negara. Tapi, tidak sedikit juga yang memiliki timnas yang memiliki warna serta motif jersey yang beda banget dengan benderanya.

Berikut ini adalah sederet timnas yang memiliki warna jersey serta motif dari bendera.

Timnas Belanda

Jersey Timnas Beda dengan Warna Bendera, Kok Bisa?

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya mengapa jersey timnas Belanda warna orange sedangkan benderanya merah putih, dan biru. Sejarah menyebut bawah sebenarnya warna orange adalah warna asli kerajaan Belanda. Saat berjuang untuk kemerdekaan, warna bendera mereka yaitu orange, putih, dan biru.

Tapi, ada juga yang bilang kalau warna orange itu adalah penghormatan untuk Williams of Orange, pemimpin Belanda saat itu. Alasan mengapa sekarang jadi merah karena pada abad ke-16, pewarna orange di masa itu bakal cenderung berubah jadi merah. Sehingga, para pemimpin pun putuskan untuk mengubahnya saja jadi merah.

Timnas Jepang

Jersey Timnas Beda dengan Warna Bendera, Kok Bisa?

Kalau bagi timnas Jepang, warna biru membawa keberuntungan bagi mereka. Hal ini diperlihatkan pada Olimpiade 1936 yang membuat Jepang menang 3-2 atas Swedia. Di laga itu, jepang mengenakan jersey warna biru.

Selain itu, alasan warna biru tetap dipakai karena warna merah membawa sial. Padahal, merah melambangkan simbol negara Jepang.

Timnas Jerman

Jersey Timnas Beda dengan Warna Bendera, Kok Bisa?

Tidak ada warna putih pada bendera negara Jerman. Warna putih sebenarnya warna kerajaan Prusia yang eksis di Jerman sejak tahun 1701 sampai 1918. Putih dipilih sebagai warna jersey karena saat federasi sepak bola Jerman didirikan, Kerajaan Prusia masih berkuasa.

Timnas Australia

Jersey Timnas Beda dengan Warna Bendera, Kok Bisa?

Ada dua teori yang menyebutkan mengapa jersey Australia warna kuning. Pertama, kuning adalah warna dari bunganasional Australia yang bernama Acacia Pycnantha atau nama yang sering digunakan adalah Golden Wattle.

ada juga yang menyebut bahwa warna kuning menggambarkan gurun yang cukup luas di Australia. Sedangkan celana mereka warna hijau merepesentasikan hutan.

Kamu bisa update laga-laga fase knockout Piala Dunia 2022 di sini.

Baca Juga:

6 Pemain Calon Kuat Peraih Golden Ball Piala Dunia 2022, Siapa Aja nih?

Negara yang Paling Sering Main di Perempat Final Piala Dunia

Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe Terdepan, Rashford-Saka On Fire

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P