Connect with us

Piala Dunia

Kiprah Jepang di Piala Dunia, Samurai Biru yang Terus Berkembang

Kiprah Jepang di Piala Dunia, Samurai Biru yang Terus Berkembang

Kiprah Jepang di Piala Dunia – Jepang adalah salah satu wakil Asia di Piala Dunia yang selalu menjadi kuda hitam. Meskipun secara kualitas pemain kurang begitu diunggulkan, namun Jepang selalu bisa tampil berbeda saat di Tim Nasional. 

Kiprah Jepang di World Cup juga selalu menjadi sorotan. Bak kisah dongeng Jepang selalu memberikan cerita tersendiri di gelaran Piala Dunia. Berikut adalah perjalanan Jepang di World Cup.

Debut Jepang di World Cup

Kiprah Jepang di Piala Dunia, Samurai Biru yang Terus Berkembang

Timnas Jepang 1998

Jepang pertama kali tampil di ajang empat tahunan di Piala Dunia 1998 di Prancis. Berada satu grup dengan Argentina, Kroasia dan Jamaika, Jepang babak belur di PIala Dunia pertamanya. Namun, Jepang termasuk bermain bagus karena hanya kalah tipis melawan Argentina dan kalah tipis dari Kroasia. Di laga terakhir, Jepang kembali kalah melawan Jamaika dengan skor 2-1. 

Nama Masashi Nakayama mencatatkan sejarah karena menjadi pencetak gol pertama untuk Jepang di World Cup. Inilah yang menjadi tonggak utama perjalanan Negeri Samurai di Piala Dunia.

World Cup 2002, Jepang Berkembang Pesat

Di 2022, Samurai Biru dan Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dalam laga tersebut juga Jepang menunjukkan pedangnya Tergabung satu grup bersama Belgia, Rusia, dan Tunisia, Samurai Biru berhasil menjadi juara grup dan lolos ke babak 16 besar. Sayang langkahnya terhenti di babak 16 besar setelah tumbang oleh Turki dengan skor 0-1. 

Jepang di World Cup 2006

Jepang tergabung dalam grup yang cukup sulit di World Cup 2006 yang digelar di Jerman. Negeri Sakura hanya meraih 1 poin yang memaksa tim yang identik dengan jersey berwarna biru itu angkat koper lebih cepat.

2010, Jepang Kembali Masuk 16 Besar

Kiprah Jepang di Piala Dunia, Samurai Biru yang Terus Berkembang

Timnas Jepang 2010

Dalam Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Samurai Biru berada di grup E bersama Belanda, Denmark dan Kamerun. Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar dan bertemu Paraguay. Jepang tampil begitu dramatis, mereka berhasil menahan imbang Paraguay dengan skor 0-0 hingga babak tambahan selesai. Mereka harus tersingkir karena kalah adu penalti. 

World Cup 2014, Jepang Kembali Redup

Jepang kembali anjlok di 2014. Satu grup dengan Kolombia, Yunani dan Pantai Gading di grup C, Jepang justru tak berdaya dan hanya meraih satu poin di posisi juru kunci.

World Cup 2018, Jepang Mentok Lagi di 16 Besar

Kiprah Jepang di Piala Dunia, Samurai Biru yang Terus Berkembang

Jepang 2018

Memperbaiki performa di 2014, di 2018 Jepang kembali tampil prima. Satu grup bersama Kolombia, Senegal, dan Polandia, Jepang lolos sebagai runner up grup H dan berhak melaju ke babak 16 besar. Namun, mereka kembali kalah dari Belgia di babak 16 besar hingga membuat mereka harus pulang.

Piala Dunia 2022

Kiprah Jepang di Piala Dunia, Samurai Biru yang Terus Berkembang

Jepang 2022

Tergabung dalam grup neraka, Jepang diapit oleh tim besar Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika. Jepang memang kurang diunggulkan dalam Piala Dunia tahun ini. Namun, secara mengejutkan Samurai biru justru bisa mengalahkan Jerman di laga pertama Piala Dunia 2022 ini. Bahkan, di laga terakhir, mereka juga bisa menumbangkan Spanyol dengan skor 2-1. Ini membuat mereka kembali menjadi juara grup dan berhak lolos ke 16 besar. Meskipun belum tahu akankah Jepang lolos ke semifinal, namun dengan mengalahkan Jerman dan Spanyol adalah prestasi tersendiri untuk Jepang.

Ini bahkan seperti kisah komik yang mana Jepang berhasil mengalahkan tim Eropa. Akankah Jepang di tahun ini bisa memecah rekor dengan lanjut ke semifinal? Kita tunggu aja, ya!

Baca Juga:

Prediksi Argentina vs Australia di 16 Besar, Messi Cs Diunggulkan

Hasil Grup E Piala Dunia 2022 Jepang Lolos sebagai Juara Grup, Jerman Angkat Koper

Prediksi Ghana vs Uruguay, Pembuktian Terakhir Luis Suarez cs Tidak Mandul

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P