Connect with us

Artikel Top Peluit

Hasil Korea Utara Vs Timnas Indonesia U-24: Garuda Muda Takluk 1-0

Hasil Korea Utara vs Indonesia – Timnas Indonesia U-24 harus mengakui keunggulan Korea Utara dalam pertandingan matchday ketiga Grup F Asian Games 2023. Pertandingan berlangsung di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, pada Minggu (24/09/2023) sore WIB.

Sayangnya, performa Timnas Indonesia U-24 tidak begitu mengesankan dalam pertandingan ini. Mereka menghadapi kesulitan besar dalam usaha untuk menembus pertahanan kuat lawan mereka. Hasilnya, gol tunggal yang menghantarkan kekalahan bagi Timnas Indonesia U-24 berasal dari kaki Kim Yunsong, sehingga skor akhir pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Korea Utara.

Dengan hasil ini, Korea Utara berhasil meraih posisi puncak klasemen Grup F dengan total poin sebanyak 9. Sementara itu, Timnas Indonesia U-24 tergeser ke peringkat ketiga dalam klasemen grup setelah Kirgistan berhasil mengalahkan Chinese Taipei dengan skor 4-1 dalam pertandingan lainnya. Meskipun demikian, Timnas Indonesia U-24 masih memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Berikut ulasan singkat laga Korea Utara vs Indonesia U-24:

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-24, yang biasanya mampu mengendalikan permainan dengan baik, harus mengakui dominasi Korea Utara dalam pertandingan ini. Pertandingan tersebut berlangsung di lapangan Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, pada Minggu (24/09/2023).

Skuad Indonesia mengalami kesulitan pada awal pertandingan, khususnya dalam 15 menit pertama. Mereka kesulitan untuk melancarkan serangan dan seringkali gagal saat mencoba menembus pertahanan solid Korea Utara. Sementara itu, Korea Utara juga menciptakan beberapa peluang meskipun tidak terlalu berbahaya selama periode tersebut.

Salah satu momen kritis terjadi pada menit ke-23 ketika Indonesia akhirnya mendapatkan peluang yang cukup baik. Kesalahan dalam umpan Korea Utara memungkinkan Indonesia merebut bola. Setelah beberapa operan, peluang akhir jatuh kepada Rumakiek. Namun, upayanya melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti bisa dengan mudah diantisipasi oleh kiper lawan.

Korea Utara juga tidak tinggal diam dan hampir mencetak gol pada menit ke-24. Serangan mereka dari sayap kanan hampir berbuah gol, tetapi sundulan pemain mereka di dekat tiang gawang masih meleset tipis ke sisi kiri gawang Indonesia.

Pada menit ke-32, Korea Utara kembali mencoba dengan tembakan dari jarak jauh, tetapi bola hanya meleset tipis di atas gawang. Gol pertama akhirnya terjadi pada menit ke-39 ketika pemain Korea Utara, Kim Yusong, berhasil menjebol gawang Indonesia. Gol ini bermula dari sebuah sepak pojok di sisi kiri pertahanan Indonesia, di mana bola dioperkan pendek ke ujung kotak penalti. Pemain Korea Utara dengan mudah mengirim umpan ke tengah kotak penalti, dan Kim Yusong mencetak gol tanpa kendala. Skor menjadi 1-0 untuk Korea Utara.

Pada menit ke-45, Korea Utara hampir mencetak gol kedua mereka. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit karena seorang pemain Korea Utara terperangkap dalam posisi offside selama proses gol tersebut.

Hingga akhir pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta, sehingga hasil akhirnya adalah kemenangan tipis 1-0 untuk Korea Utara atas Timnas Indonesia U-24.

Babak Kedua

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-24 mencoba untuk meningkatkan tekanan mereka dalam upaya untuk menyamakan kedudukan, namun justru Korea Utara yang berhasil menekan pertahanan Merah Putih dengan efektif.

Situasi tersebut membuat pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri, segera mengambil keputusan untuk melakukan pergantian pemain pada menit ke-54. Egy Maulana Vikri ditarik keluar dari lapangan dan digantikan oleh Hugo Samir.

Korea Utara kembali mendapat peluang emas pada menit ke-57. Mereka berhasil menembus pertahanan sisi kanan Indonesia dan satu pemain mereka melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Meskipun pemain Korea Utara lainnya mencoba menyambar bola, untungnya bola tersebut meleset dari sasaran.

Pertandingan menjadi semakin sengit, tetapi peluang berikutnya jatuh kepada Korea Utara pada menit ke-69. Kuk Jin berhasil menembus masuk ke dalam kotak penalti di sebelah kanan. Meskipun dihadang oleh seorang bek Indonesia, ia mampu melepaskan tembakan keras. Untungnya bagi Indonesia, bola hanya meleset ke sisi kiri gawang Ernando.

Pada menit ke-77, Korea Utara kembali menekan pertahanan Indonesia. Chang Jun Hwang berhasil menguasai bola di luar kotak penalti. Ia berhasil melepaskan diri dari penjagaan seorang pemain Indonesia dan melepaskan tembakan keras dari jarak jauh. Bola tidak bisa dijangkau oleh Ernando, tetapi beruntung bagi Indonesia karena bola tersebut hanya membentur tiang kanan gawang tanpa mencetak gol.

Pertandingan berlanjut dengan tensi tinggi, tetapi meskipun beberapa peluang tercipta, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Akhirnya, Korea Utara berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0 atas Timnas Indonesia U-24. 

Susunan Pemain

Korea Utara: Kang Juhyok; Jang Kukchol (kapten), Joguk Ri, Kim Yusong, Ri Ilsong, Kukchol Kang, Chungsong Paek, Kukbom Kim, Pomhyok Kim, Joguk Ri, Kukjin Kim

Pelatih: Yong-nam Sin

Indonesia U-24: Ernando Ari Sutaryadi; Andy Setyo Nugroho, Rizky Ridho Ramadhani (kapten), Robi Darwis, Alfeandra Dewangga Santosa, Dony Tri Pamungkas, Rachmat Irianto, Muhammad Taufany Muslihuddin, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Ramai Melvin Rumakie

Pelatih: Indra Sjafri

Baca Juga:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *