Connect with us

Artikel Top Peluit

Liga Super Eropa: Big 6 Inggris Mundur, UEFA Tawar Uang Lebih Banyak?

Liga Super Eropa Big 6 Inggris Mundur, UEFA Tawar Uang Lebih Banyak

Enam Klub Dengan Penghasilan Tertinggi di Inggris Batal Ikut Liga Super Eropa

Semua tim Liga Inggris yang terlibat di Liga Super Eropa sudah menarik diri dari kompetisi tersebut.

Lebih tepatnya, 6 klub tersebut adalah klub dengan pendapatan tertinggi di Inggris.

Manchester City adalah klub pertama yang mundur setelah Chelsea mengirimkan sinyal akan menyiapkan dokumen untuk pengunduran diri.

Empat tim lainnya: Arsenal, Liverpool, Manchester United dan Tottenham juga sudah mengikuti langkah tersebut.

Liga Super Eropa berkata akan mengambil “langkah paling tepat” untuk membangun ulang proyek ini.

Minggu (18/04) lalu, Liga Super Eropa diumumkan dan mendapat kecaman sangat luas.

Big 6 Liga Inggris adalah bagian dari proyek ini, ditambah raksasa La Liga Spanyol seperti Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid.

Trio raksasa Liga Italia, Serie A, yaitu AC Milan, Inter Milan dan Juventus juga ambil bagian dalam rencana ini yang mereka harap bisa terjadi di pertandingan tengah pekan, menggantikan Liga Champions.

Hal tersebut ditentang luas oleh para penggemar sepak bola, otoritas sepak bola bahkan sampai Perdana Menteri Inggris.

Petr Cech meminta penggemar Chelsea untuk membuka jalan kepada bus

Seluruh Eropa, termasuk UEFA dan asosiasi liga-liga juga mengutuk tindakan ini.

Sekitar 1.000 penggemar Chelsea berkumpul di depan Stamford Bridge sebelum pertandingan melawan Brighton tadi malam (20/04) guna melakukan protes terhadap keterlibatan manajemen klub.

Legenda Chelsea, Petr Cech sampai harus meminta para penggemar untuk memberikan jalan kepada bus klub agar bisa masuk ke stadion.

Executive vice-chairman dari Manchester United, Ed Woodward, mengumumkan akan mundur dari jabatannya di klub tersebut pada akhir 2021.

UEFA Menawarkan Uang yang Lebih Banyak untuk Big 6 Daripada Liga Super Eropa

Berdasarkan berita media Spanyol, Mundo Deportivo, tidak ada yang benar-benar menang dalam pertarungan Liga Super Eropa dan UEFA.

Mundo Deportivo melaporkan bahwa big 6 Liga Inggris ini menarik diri bukan karena ancaman UEFA, melainkan karena tawaran uang yang lebih besar.

Media Spanyol tersebut melaporkan bahwa “jumlah yang signifikan” sudah ditawarkan kepada klub-klub tersebut.

Namun, klub-klub La Liga Spanyol, yaitu Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid belum ditawarkan uang tersebut.

Kantor UEFA

Liga Super Eropa hadir karena UEFA melalui kompetisi Liga Champions dan Liga Eropa tidak memberikan jumlah uang yang kurang memuaskan.

Lanjut lagi, Mundo Deportivo menambahkan bahwa klub-klub La Liga Spanyol, yaitu Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid dianggap sebagai “musuh utama” oleh UEFA.

Mundo Deportivo juga melaporkan bahwa raksasa La Liga ini tidak melihat mundurnya big 6 Liga Inggris sebagai pilihan “pasti” dan yakin bahwa proyek ini bisa kembali terus berjalan.

Apa Kata Mereka?

Presiden UEFA, Aleksander Caferin menyambut kembali kedatangan mereka: “Mereka kembali bergabung sekarang dan saya tahu mereka memiliki banyak tawaran yang tidak hanya dari kompetisi kami tapi juga dari seluruh pertandingan di Eropa.”

“Hal yang paling penting saat ini adalah kita bisa melupakan hal ini, membangun kembali persatuan dari permainan yang kita sukai sebelum ini dan maju bersama.”

Dalam sebuah pernyataan, Liga Super Eropa berkata: “Mengingat situasi yang ada saat ini, kami akan mempertimbangkan langkah-langkah paling tepat untuk membentuk kembali proyek ini, selalu diingat bahwa tujuan kami adalah menawarkan para penggemar pengalaman sebaik mungkin sambil meningkatkan solidaritas pembayaran untuk seluruh komunitas sepak bola.”

Para pengurus Arsenal berkata bahwa mereka tidak berniat untuk “membuat penderitaan seperti ini” dan mereka ingin bergabung dengan Liga Super Eropa karena mereka “tidak ingin tertinggal” dan memastikan masa depan klub.

“Misi kami adalah untuk membuat keputusan tepat untuk klub sepak bola yang hebat ini, untuk melindungi masa depan dan membuat kami semakin maju,” tambah mereka.

“Kami tidak membuat keputusan yang tepat di sini yang mana kami terima.”

Manchester United berkata bahwa mereka “masih berkomitmen untuk bekerja dengan yang lainnya dalam komunitas sepak bola untuk membuat solusi berkelanjutan untuk tantangan jangka panjang yang dihadapi oleh permainan sepak bola ini.”

Liverpool bilang bahwa klub sudah “menerima perwakilan dari banyak pemangku kepentingan yang penting baik dari internal maupun eksternal” sebelum mencapai keputusan mereka dan berterima kasih atas “kontribusi yang berharga.”

Football without fans is nothing

Levy berkata bahwa Tottenham merasa “penting” untuk mengambil bagian dalam “kemungkinan struktur baru yang bisa memastikan financial fair play dan kesinambungan keuangan sambil memberikan dukungan yang signifikan untuk piramida sepak bola yang lebih luas.”

Dia menambahkan “Kami berterima kasih kepada semua pendukung yang memberikan opini yang bisa dipertimbangkan.”

Chelsea bilang setelah mereka melakukan “pertimbangan untuk semua hal” mereka akhirnya memutuskan untuk “melanjutkan partisipasi di dalam rencana ini bukanlah ketertarikan yang terbaik dari klub, pendukung kami dan juga komunitas sepak bola secara luas.”

Manchester City bilang bahwa mereka “secara formal mengikuti prosedur untuk menarik diri dari kelompok yang mengembangkan Liga Super Eropa.”

Para pemain bintang dari klub big 6 sudah memberikan sinyal ketidaksetujuan dengan rencana liga baru ini.

Kapten Liverpool, Jordan Henderson mengatakan di sosial medianya bahwa “secara kolektif” mereka menolak Liga Super Eropa ini.

“Kami tidak suka dan kami tidak ingin ini terjad,” kata pesan yang banyak juga diunggah oleh banyak pemain Liverpool.

Setelah Manchester City mengkonfirmasi penarikan dirinya, sang pemain yang juga adalah sayap tim nasional Inggris mengunggah “Ok bye.”

UEFA berharap bisa mengancam Liga Super Eropa dengan pembentukan Liga Champions format baru dengan 36 tim yang sudah disepakati pada Senin, 19 April 2021 lalu.

Dalam rencana pembentukan Liga Super Eropa, 20 tim akan berkompetisi yang mana 12 klub pendiri berkata bahwa reformasi Liga Champions tidak terlalu berjalan baik.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez yang mana juga adalah chairman dari Liga Super Eropa berkata bahwa perbuatannya dimaksudkan untuk “menyelamatkan sepak bola” karena para anak muda sudah mulai “tidak lagi tertarik” dengan sepak bola karena “banyaknya pertandingan dengan kualitas buruk.”

Belum ada tim dari Spanyol atau Italia yang membuat pernyataan resmi setelah big 6 Inggris menarik diri.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Batal Bergabung ke Liga Super Eropa, Sepak Bola Italia Terancam Mati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cuplikan Pertandingan

Atlético Madrid 1-2 Real Madrid Pekan 6
Posted on 19 September 2022 by Raul7
252 views
Empoli 1-2 Roma Pekan 6
Posted on 13 September 2022 by Raul7
41 views
UD Almería 0-1 Osasuna Pekan 5
Posted on 13 September 2022 by Raul7
7 views
Real Betis Balompié 1-0 Villarreal Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
5 views
Getafe 2-1 Real Sociedad Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Elche CF 1-4 Athletic Club Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Real Madrid 4-1 RCD Mallorca Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Atlético Madrid 4-1 Celta Vigo Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Cádiz CF 0-4 Barcelona Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
4 views
Espanyol 2-3 Sevilla Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views

LIKE US ON FACEBOOK

More in Artikel Top Peluit