Connect with us

Artikel Top Peluit

Liverpool atau Manchester United? Inilah Klub Tersukses di Inggris!

Liverpool atau Man United

Awal Mula Kemunculan Kembali Perdebatan Klasik

Liverpool baru saja merasakan kesuksesan seusai menjuarai Premier League Inggris musim 2019-2020. Namun, apakah The Reds sudah melampaui raihan trofi milik Manchester United?.

Mantan manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson pernah berujar kepada para jurnalis: “tantangan terbesar untuk saya adalah menggoyangkan Liverpool dari tempat mereka bertengger dan anda bisa mencatat itu.”

Liverpool Juara Liga Champions 2019

Manajer asal Skotlandia itu kemudian memenangkan total 38 trofi termasuk gelar Premier League Inggris, 5 Piala FA, dan 2 gelar Liga Champions selama 26 tahun di Old Trafford. Oleh karena capaian itu, Ferguson dinobatkan sebagai salah satu manajer terhebat sepanjang masa.

Terkait dengan kesuksesan Liverpool meraih gelar ke-6 Liga Champions di bulan Juni 2019 dan gelar liga ke 19 mereka di tahun 2020, tim besutan Jurgen Klopp ini diyakini bisa menantang The Red Devils lagi.

Baca juga: 10 Hal Menarik di Pembukaan Premier League Inggris Musim 2020-2021

Klub yang Paling Banyak Memenangkan Gelar di Inggris

Ketika anda bertanya mengenai klub mana yang paling sukses, ini bergantung kepada siapa yang anda tanya. Setelah Liverpool memenangkan gelar Piala Super Eropa ke-6 mereka di tahun 2019 ketika mengalahkan Chelsea, para penggemar The Reds mengklaim bahwa mereka adalah klub paling sukses di sepak bola Inggris.

Ketika mengalahkan The Blues, Liverpool mengangkat piala major ke-46 mereka. Para penggemar Liverpool meyakini bahwa mereka sudah melampaui capaian musuh bebuyutan mereka, Manchester United, yang mereka yakini hanya punya 45 piala major.

Saat ini The Reds sudah punya 47 piala major, termasuk Liga, Piala FA, Liga Champions, Piala Eropa dan Piala Super Eropa – mereka tetap menghitungnya meskipun hanya berlangsung 1 pertandingan.

Semua gelar major Liverpool tersebut tidak termasuk Community Shield yang mereka menangkan di mana hal tersebut adalah poin utama dari perdebatan sengit ini. Manchester United memenangkan 21 Community Shield, di mana Liverpool hanya punya 15.

Kalau gelar Community Shield juga dihitung, Manchester United memiliki 66 gelar major di mana Liverpool hanya punya 62. Maka dari itu, Manchester United bisa dikatakan sebagai klub tersukses di Inggris.

Kompetisi

Gelar Manchester United Gelar Liverpool
First Division / Premier League 20 19
FA Cup 12 7
League Cup 5 8
UEFA Cup / Champions League 3 6
Europa League 1 3
Cup Winners’ Cup 1 0
UEFA Super Cup 1 4
FIFA Club World Cup 1 0
Intercontinental Cup 1 0
Community Shield 21 15
Jumlah 66

62

*Per 29 Agustus 2020

Apakah Community Shield dihitung sebagai trofi major?

Poin utama dari perdebatan ini adalah apakah Community Shield dihitung sebagai piala major. Sekali lagi, tergantung kepada siapa anda bertanya.

FA menetapkan bahwa Community Shield adalah gelar resmi di sepak bola Inggris. Selain itu, pertandingan tersebut dianggap sebagai pertandingan pertama di kasta tertinggi sepak bola. Meskipun begitu, banyak pengamat sepak bola, mantan pemain, figur-figur sepak bola serta para penggemar menganggap Community Shield sangat diperdebatkan status major-nya.

Community Shield dilihat sebagai trofi minor jika dibandingkan dengan Piala FA dan Piala Liga. Ajang tersebut juga dikenal sebagai laga persahabatan yang diglorifikasi. Ditambah lagi, kartu kuning dan kartu merah yang didapatkan di pertandingan tersebut tidak dihitung ke kompetisi lain di Inggris.

Pada tahun 2008, Ferguson pernah berkata: “Community Shield adalah pertandingan yang penuh gengsi, tapi saya harus mengganti pemain yang tidak bugar dan kami kurang lebih berada di situasi yang sama lagi.”

Walau bagaimanapun juga, sebagian besar manajer dan pemain yang terlibat di Community Shield menghormati ajang tersebut. Terlebih, mereka menganggap sebagai trofi major dan menganggap untuk final pertama di musim tersebut.

Berbicara mengenai tingkat kebugaran para pemain menjelang Community Shield 2018 melawan Chelsea, Pep Guardiola selaku manajer Manchester City berkata: “kami hanya punya 4 atau 5 hari untuk mempersiapkan final pertama [Community Shield], jadi kami harus beradaptasi. Beberapa dari mereka sudah kembali, sisanya kembali setelah final ini.”

Terlebih lagi pada tahun 2016, mantan manajer Leicester City, Claudio Ranieri berkata: “kenapa anda bertanya ini, sebuah laga persahabatan? [Sejak] kapan Community Shield ini adalah laga persahabatan?”.

“Tentu saja kami akan bermain maksimal dan Manchester United juga akan bermain maksimal. Dua tim ini ingin menang. Saya sangat tidak sabar,” tutup Ranieri.

Liverpool bisa saja menemukan ritmenya kembali untuk menjadi raksasa di Inggris, bahkan Eropa. Namun, Manchester United pasca ditinggal pensiun Ferguson pun tidak bisa diremehkan meski sempat terseok-seok. Secara keseluruhan jumlah gelar, Manchester United lebih sukses dibandingkan Liverpool. Akan tetapi, untuk prestasi beberapa tahun terakhir, para penggemar The Reds bisa membusungkan dada di depan para penggemar The Red Devils.

12 Comments

Cuplikan Pertandingan

Real Madrid 1-1 Osasuna Pekan 7
Posted on 3 Oktober 2022 by Raul7
3 views
Atlético Madrid 1-2 Real Madrid Pekan 6
Posted on 19 September 2022 by Raul7
279 views
UD Almería 0-1 Osasuna Pekan 5
Posted on 13 September 2022 by Raul7
7 views
Real Betis Balompié 1-0 Villarreal Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
5 views
Getafe 2-1 Real Sociedad Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
3 views
Elche CF 1-4 Athletic Club Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Real Madrid 4-1 RCD Mallorca Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Atlético Madrid 4-1 Celta Vigo Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Cádiz CF 0-4 Barcelona Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
4 views
Espanyol 2-3 Sevilla Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views

LIKE US ON FACEBOOK

More in Artikel Top Peluit