Connect with us

Artikel Top Peluit

Memprediksi Pesaing Terberat Portugal di Piala Eropa 2020, Ini Menurut Luis Figo

Piala Euro 2020 menjadi rebutan Timnas negara Eropa yang ikut berlaga. Sebagai juara bertahan, Portugal memiliki trik sendiri untuk mempertahankan gelarnya.

Portugal adalah juara Piala Eropa pada 2016 lalu. Berhasil mengalahkan Prancis di partai puncak dengan skor 1–0, kemenangan Portugal disambut ingar-bingar para pendukungnya. Wajar saja. Ini merupakan kali pertama bagi Portugal merasakan euforia kemenangan yang tidak sederhana. Sebagai salah satu ajang bergengsi, turnamen sepakbola Piala Eropa sangat dinanti-nanti.

Kemenangan Portugal di Euro 2016

Di laga final yang diadakan di Stade de France, Prancis, pada 10 Juli 2016, Portugal menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya, negara ini bisa membawa pulang trofi juara berkat kemenangan melawan tuan rumah. Tak terpengaruh oleh sorak-sorai penonton yang mendukung timnya, Portugal berhasil mendapatkan kesempatan dari penyerang pengganti, Eder pada babak tambahan yaitu menit ke-109.

Jika dilihat secara statistik, Prancis sebenarnya memiliki banyak kesempatan untuk melesatkan gol. Bahkan, 7 di antaranya merupakan tembakan yang tepat sasaran. Sementara itu, Portugal hanya memiliki 3 tembakan tepat sasaran dari 9 peluang.

Bukan hanya itu, dari segi dominasi pertandingan, Prancis sebenarnya memiliki penguasaan bola lebih banyak. Hanya saja, tim berjuluk Les Bleus ini tidak bisa membobol gawang Portugal dengan mudah. Tak bisa dimungkiri, hal ini disebabkan oleh kehebatan kiper Portugal yaitu Rui Patricio.

Peluang lain yang seharusnya dimanfaatkan oleh Prancis adalah cedera yang dialami oleh Cristiano Ronaldo, kapten sekaligus pemain andalan Portugal. Ronaldo harus keluar dan digantikan oleh pemain lain serta tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Prancis beberapa kali terlihat nyaris mencetak gol lewat upaya dari sejumlah pemain, sebut saja Antoine Griezmann, Olivier Giroud, dan Moussa Sissoko. Ketika Eder masuk menggantikan Renato Sanches pada menit ke-79, ada perubahan tempo permainan. Kebuntuan bisa dipecah pada menit ke-109 atau waktu tambahan. Eder berhasil melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang.

Pesaing Terberat Portugal

Seorang legenda sepakbola yang berasal dari Portugal, Luis Figo, mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo dan timnya akan mengalami kesulitan pada Euro 2020 nanti. Pernyataan ini didasarkan pada lawan berat yang harus dihadapi Portugal sejak babak penyisihan grup.

Tergabung dalam Grup F, Portugal dipastikan harus melawan Jerman dan Prancis. Satu tim lain yaitu pemenang babak play-off dari jalur A/D akan bergabung memperebutkan dua tiket menuju babak selanjutnya. Tidak bisa dimungkiri, Jerman dan Prancis adalah negara yang pernah menggondol trofi kemenangan di Kejuaraan Euro.

Tak heran, peluang Portugal untuk lolos dari babak penyisihan akan semakin kecil. Jerman dan Prancis adalah lawan yang tidak mudah untuk ditaklukkan. Berada di grup “neraka” yang diisi oleh para tim besar, Portugal tentu harus berupaya keras sejak awal turnamen.

Meskipun demikian, masih ada kesempatan bagi peringkat ketiga di tiap grup untuk berlaga di babak selanjutnya. Namun, kesempatan ini hanya berlaku untuk 4 tim terbaik yang berada di peringkat ketiga. Ini berarti, jika Portugal tidak berada di posisi juara grup atau sebagai runner up, asalkan memiliki poin lebih tinggi daripada peringkat ketiga lainnya, masih dapat melaju.

Dalam hal ini, Jerman adalah tim yang pernah memenangkan Kejuaraan Euro sebanyak tiga kali, yaitu pada 1972, 1980, dan 1996. Jerman memiliki tim sepakbola yang cukup solid sehingga cukup tangguh. Sebaliknya, Prancis sebagai runner up pada musim lalu tentu memiliki keinginan ekstra untuk menyingkirkan Portugal lebih awal. Prancis juga pernah memenangkan Piala Euro sebanyak 2 kali.

Meskipun demikian, Luis Figo tetap optimis, negaranya berhasil melangkah ke babak final dan mempertahankan gelar juara yang sebelumnya diraih. Menurut Luis Figo, adalah sebuah keuntungan dapat menjadi satu grup dengan Jerman dan Prancis. Pasalnya, mereka tidak akan bertemu lagi pada babak setelah penyisihan grup, yaitu fase gugur.

Keyakinan tersebut tidak terpatahkan, meskipun ia juga menilai bahwa Jerman dan Prancis hingga saat ini telah mengalami perkembangan tim yang cukup pesat. Negara lain yang dianggap cukup berpengaruh adalah Italia dan Spanyol. Keduanya juga memiliki kans yang besar untuk merebut gelar juara tahun ini.

Luis Figo Bersama Timnas Portugal

Siapa sebenarnya Luis Figo? Bagaimana prediksi Luis Figo dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam menganalisis peta kekuatan di pertandingan yang akan datang? Bagi Timnas Portugal, Luis Figo bukan orang asing. Ia termasuk dalam generasi emas bersama sejumlah nama terkenal, seperti Rui Costa, Joao Pinto, Deco, dan Cristiano Ronaldo.

Pada saat itu, squad Portugal diharapkan dapat mencapai impian sepakbola yang belum pernah diraih oleh generasi sebelum mereka. Salah satunya, mereka dapat mencicipi kesuksesan pada saat Portugal menjuarai Piala Dunia pada 1991. Sebelumnya, baik di ajang sepakbola Eropa maupun dunia, Portugal hanya mampu menjadi semifinalis.

Saat ini, Portugal telah semakin menambah kekuatannya. Ada sejumlah nama yang dipanggil untuk mendukung tim ini sehingga bisa mencapai impian sebagai juara. Salah satunya, Cristiano Ronaldo yang masih menjadi andalan bagi Timnas Portugal. Selain itu, ada sejumlah nama lain yang tak kalah populer, seperti Joao Moutinho, William Carvarlho, Joaco Cancelo, Joao Felix, dan Ruben Neves.

Ada pula Bernardo Silva yang berasal dari Manchester City. Sejumlah pemain muda berbakat juga dipanggil, seperti Ruben Dias, Nelson Semedo, Danilo Pereira, Bruno Fernandes, dan sebagainya. Nah, inilah sejumlah nama yang akan akan bertanding pada laga Piala Euro 2020 nanti. Siap untuk menonton aksi mereka?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cuplikan Pertandingan

Real Madrid 1-1 Osasuna Pekan 7
Posted on 3 Oktober 2022 by Raul7
3 views
Atlético Madrid 1-2 Real Madrid Pekan 6
Posted on 19 September 2022 by Raul7
279 views
UD Almería 0-1 Osasuna Pekan 5
Posted on 13 September 2022 by Raul7
7 views
Real Betis Balompié 1-0 Villarreal Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
5 views
Getafe 2-1 Real Sociedad Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
3 views
Elche CF 1-4 Athletic Club Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Real Madrid 4-1 RCD Mallorca Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Atlético Madrid 4-1 Celta Vigo Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Cádiz CF 0-4 Barcelona Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
4 views
Espanyol 2-3 Sevilla Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views

LIKE US ON FACEBOOK

More in Artikel Top Peluit