Connect with us

Piala Dunia

Negara yang Paling Sering Menang lewat Adu Penalti di Piala Dunia

Negara yang Paling Sering Menang lewat Adu Penalti di Piala Dunia

Negara yang Paling Sering Menang lewat Adu Penalti – Sejak babak knock-out Piala Dunia 2020 dimulai sudah ada 4 pertandingan yang harus diselesaikan melalui darama adu penalti. Hal ini terjadi karena hasil imbang di waktu normal sampai babak tambahan. Karena fase knock-out mengharuskan salah satu tim harus menang dan tak ada hasil imbang, maka adu penalti adalah pilihan terakhir untuk menentukan pemenang.

Banyak yang tidak menyukai adu penalti karena untuk melakukan eksekusi penalti membutuhkan mental yang cukup kuat. Apalagi presentase keberhasilan penalti adalah 50:50. Selain skill, butuh kemampuan dasar dan juga mental yang kuat untuk bisa melakukan eksekusi penalti. 

Nah, ternyata beberapa negara ini punya tren kemenangan lewat adu penalti yang cukup banyak di Piala Dunia. Siapa saja mereka?

Argentina

Negara yang Paling Sering Menang lewat Adu Penalti di Piala Dunia

Argentina

La Albiceleste tercatat meraih 4 kemenangan adu penalti di semua gelaran piala dunia. Yaitu pada 1990 kala melawah Yugoslavia di perempat final, melawan Italia di semifinal 1990, melawan Inggris di babak 16 besar 1998 dan melawan Belanda di semifinal 2014. Mereka hanya kalah adu penalti dengan Jerman di Piala Dunia 2006.

Atas kemenangannya melawan Belanda dini hari tadi, Argentina menambah catatan rekornya menjadi 5 kemenangan adu penalti di Piala Dunia.

Brasil

Negara yang Paling Sering Menang lewat Adu Penalti di Piala Dunia

Brasil

Selecao sebenarnya merupakan tim yang cukup sering memenangkan adu penalti di Piala Dunia. Tercatat mereka pernah 3 kali menang lewat drama adu penalti pada Piala Dunia 1994 kontra Italia, semifinal 1998 lawan Belanda, dan 16 besar 2014 lawan Cile. 

Brasil kalah sekali saat adu penalti melawan Prancis di perempat final 1986. Atas kekalahannya lawan Kroasia kemarin (9/12/2022), menjadi tambahan kekalahan Brasil dengan dua kali kekalahan adu penalti di Piala Dunia.

Kroasia

Negara yang Paling Sering Menang lewat Adu Penalti di Piala Dunia

Kroasia

Siapa yang menyangka jika Kroasia belum pernah kalah sama sekali di adu penalti Piala Dunia. Mereka tercatat pernah melakukan drama adu penalti pada Piala Dunia 2018, pada babak 16 besar kontra Denmark dan perempat final kontra Rusia. Dua pertandingan melalui drama adu penalti tersebut berhasil dimenangkan Kroasia.

Kemenangannya atas Brasil menambah catatan rekor mereka dengan 3 kali kemengangan adu penalti tanpa kekalahan.

Itulah beberapa negara yang paling sering menang lewat adu penalti di Piala Dunia. Untuk info seputar hasil pertandingan dan jadwal Knock Out Piala Dunia 2022 bisa kamu lihat di sini!

Baca Juga

Hasil Kroasia vs Brasil Berakhir Imbang, Selecao Pulang Lebih Cepat Gara-Gara Adu Penalti

Tite Mundur setelah Brasil Gagal Lolos Semifinal

Hasil Belanda vs Argentina Imbang 2-2, Albiceleste Lolos Semifinal Lewat Adu Penalti

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P