Connect with us

Piala Dunia

Pelatih Portugal Fernando Santos Dipecat Usai Gagal di Piala Dunia 2022

Pelatih Portugal Fernando Santos Dipecat Usai Gagal di Piala Dunia 2022

Pelatih Portugal Fernando Santos Dipecat – Sebuah kabar terbaru datang dari Portugal. Pelatih utama mereka, Fernando Santos dipecat oleh federasi sepak bola Portugal. Kabar kurang mengenakkan ini muncul pada Jumat (16/12) dini hari WIB. Hal ini tentu saja menyusul gagalnya Portugal di turnamen Piala Dunia 2022.

Sebenarnya, kabar mengenai pemecetan Fernando Santos ini bukan sesuatu yang mengejutkan. Banyak pihak yang sudah mempredikasi bahwa karir Fernando Santos menjadi pelatih Portugal tidak akan lama usai pulang dari Qatar. Dan benar saja, dini hari tadi kabar tersebut langsung terjawab lewat pengumuman resmi federasi sepak bola Portugal.

Fernando Santos Dipecat

Kabar pemecatan Fernando Santos muncul pertama kali di akun Twitter resmi Portugal. Mereka mengucapkan terima kasih atas pencapaian Fernando Santos selama ini bersama Tim Selecao.

“Sebuah warisan sejarah. Terima kasih atas segalanya, Coach,” tulis akun Twitter resmi Portugal dan mereka menambahkan emoji dua trofi. Ya, dua trofi tersebut adalah total Fernando Santos raih selama menangani Selecao, yakni juara Euro 2016 dan UEFA Nations League 2018/2019.

Kiprah Portugal di Piala Dunia 2022

Kiprah Portugal di Piala Dunia 2022 sebenarnya tak buruk-buruk amat. Di fase grup mereka cukup mentereng dengan menang lawan Uruguay dan Ghana. Portugal hanya kalah dari Korea Selatan di laga terakhir grup. Tapi Selecao masih lolos ke babak 16 besar Piala Dunia sebagai juara grup. Bahkan di babak 16 besar mereka melibas Swiss dengan skor telak 6-1.

Tak heran jika Portugal dianggap sebagai salah satu tim kandidat juara di Piala Dunia kali ini. Merkea memiliki sederet pemain bintang yang ikut berlaga di turnamen tersebut. Mulai dari Bruno Fernandes, Joao Felix, Rafael Leao, Bernardo Silva, Ruben Diaz, Joao Cancelo, dan Cristiano Ronaldo. Namun sayang, mereka hanya mampu menginjakkan kaki di perempat final Piala Dunia 2022, lalu harus pulang lantaran kalah dari Maroko.

Salah satu langkah kontroversial Pelatih Portugal Fernando Santos sebenarnya adalah karena berani mencadangkan seorang Cristiano Ronaldo.

Sebenarnya wajar saja, tapi laga penting di babak 16 besar dan perempat final memang dirasa bukan waktu yang tepat untuk melakukan itu. Memang sih, saat menghajar Swiss, Portugal bermain apik tanpa Ronaldo sebagai starter. Tapi saat lawan Maroko di perempat final, Ronaldo cadangan lagi. Akhirnya mereka harus menyerah 1-0 dari tim berjuluk Singa Atlas itu.

Pengganti Fernando Santos Sebagai Pelatih Portugal

Hingga saat ini, belum ada sosok pengganti yang akan mengisi kursi juru taktik Selecao. Tapi ada satu nama yang langsung ikut terseret masuk dalam bursa pengganti Fernando Santos. Dia adalah Jose Mourinho.

Pelatih berjuluk The Special One yang kini tengah nyaman melatih klub Italia, AS Roma. Hanya saja federasi sepak bola Portugal belum mengambil sikap mengenai rumor ini.

Baca Juga:

Profil dan Biodata Ibrahima Konate, Pemain Muslim Keturunan Imigran Mali yang Bela Timnas Prancis

Top Skor Piala Dunia 2022 Qatar, Pencetak Gol Terbanyak Sementara Masih Dipegang Kylian Mbappe dan Lionel Messi

Jadwal Final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis akan Berlangsung Seru

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P