Connect with us

Artikel Top Peluit

Pemain Eropa Keturunan Indonesia yang Memilih Tidak Menjadi WNI, Sukses di Benua Biru

Pemain Eropa Keturunan Indonesia – Eropa menjadi salah satu tujuan para pemain sepak bola dari seluruh dunia. Di sana banyak klub-klub besar yang mana seorang pemain akan makin terkenal jika ia berhasil menjadi skuad salah satu klub Eropa. 

Beberapa pemain Indonesia pun juga ada yang sudah pernah bermain di level Eropa. Hanya saja, nama mereka masih belum begitu tenar di jajaran pemain top Eropa. 

Ternyata, pemain yang memiliki darah Indonesia banyak juga yang tersebar di negeri Eropa. Mereka bahkan sukses di klub yang mereka bela. Penasaran siapa saja itu? Berikut ulasannya!

Robin van Persie

Pemain Eropa Keturunan Indonesia
Robin van Persie

Siapa yang tak mengenal sosok Robin van Persie. Pemain yang sukses membela Arsenal dan Manchester United ini memang terkenal sebagai striker andal. Ia bahkan juga sukses menjadi punggawa timnas Belanda. Siapa yang menyangka jika pemain yang mengakhiri kariernya di Feyenoord ini punya darah Indonesia. 

Ia punya darah Indonesia dari sang nenek pihak ibu. Melansir dari berbagai macam sumber, nenek Van Persie ternyata berasal dari Surabaya Jawa Timur.

RVP mengawali karier pada 2001 dengan membela Feyenoord. Namanya makin mencuat ketika ia bergabung bersama Arsenal pada 2004-2012. Delapan tahun membela The Gunners, ia tampil 194 kali dengan membubuhkan 96 gol sebelum akhirnya pindah ke MU pada 2012 sampai 2015.

Usai pindah ke Fenerbahce pada 2015 ia memutuskan untuk pulang ke Feyenoord dan pensiun pada 2019. 

Baca Juga: Profil Andrey Santos, Wonderkid Chelsea yang Bawa Brasil Lolos ke Piala Dunia U20 di Indonesia

Radja Nainggolan

Pemain Eropa Keturunan Indonesia
Radja Nainggolan

Dari namanya saja sebenarnya kita sudah tahu kalau pemain Belgia ini punya darah Indonesia. Ya, tetapi ia lebih memilih untuk menjadi warga negara Belgia ketimbang Indonesia. 

Ia memiliki darah Indonesia langsung dari sang ayah, Marianus Nainggolan. Radja lahir dai Antwerp, Belgia. Namun sang ayah Marianus, memilih untuk meninggalkan ia dan sang ibu dan kembali ke Indonesia saat Radja masih anak-anak.

Pada 2014 lalu, Radja sempat mengunjungi Indonesia. Mantan punggawa Inter Milan dan AS Roma itu juga menyempatkan untuk mencari sang ayah dan mencoba untuk memaafkannya.

Ia berhasil ketemu dengan sang ayah. Namun, pertemuannya dengan sang ayah tidak sesuai ekspektasi. Ia justru mendapat perlakuan kurang sopan dari sang Ayah.

“Saya pulang ke Indonesia pada 2014. Aku ingin memberikan Ayah kesempatan sekali lagi. Saya ingin bisa memaafkannya. Tetapi, dia mengabaikan saya dan malah meminta uang kepada saya,” ucapnya dalam wawancara melansir dari berbagai sumber.

Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst

Mantan punggawa Arsenal dan Barcelona ini ternyata juga punya darah Indonesia. Ia memiliki darah Indonesia yang kental dari sang ibu, Fransien Sapulette yang merupakan orang Maluku. Sedangkan sang ayah, Victor van Bronckhorst adalah keturunan Indonesia-Belanda.

Punya kans untuk berpaspor Indonesia, namun Van Bronckhorst lebih memilih untuk menjadi warga negara Belanda. 

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Jawab Kritik dengan Cetak Quattrick Sensasional, Pecahkan Rekor 500 Gol di Liga

Calon Pembeli Manchester United dari Glazer, Apakah MU akan Jadi Milik Sultan Timur Tengah?

Manchester City Sedang Dalam Masalah, 5 Pemain Ini Kemungkinan Besar Akan Hengkang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *