Connect with us

Artikel Top Peluit

Hasil Persebaya Vs Arema FC: Bajul Ijo Menang Meyakinkan 3-1 atas Singo Edan

Hasil Persebaya Vs Arema FC – Pertandingan antara Persebaya dan Arema FC berakhir dengan skor 3-1 di pekan 13 BRI Liga 1 2023/2024. Gol indah lahir dari Ze Valente ke dalam gawang tim di mana sang ayah melatih.

Derbi Jawa Timur ini berlagnsung di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (23/9/2023). Bruno Moreira membuat Persebaya unggul atas Arema FC dengan gol yang ia ciptakan pada menit ke-27 pertandingan.

Kemudian, Persebaya semakin mengukuhkan keunggulan mereka ketika Dusan Stevanovic mencetak gol dengan tandukannya pada menit ke-45+5. Ze Valente kemudian membuat permainan semakin menarik dengan sepakan kaki kirinya yang indah pada menit ke-50, menjadikan skor menjadi 3-0 untuk tim Bajul Ijo.

Arema FC hanya mampu mencetak satu gol balasan melalui sepakan jarak dekat Dedik Setiawan pada menit ke-65.

Berikut ulasan singkat laga Persebaya Surabaya vs Arema FC:

Babak Pertama

Pada babak pertama pertandingan, Persebaya menjadi tuan rumah yang mengendalikan permainan. Mereka melepaskan tembakan pertama pada menit ke-12 melalui Dusan Stevanovic, tetapi sayangnya, tembakan tersebut meleset dan tidak mengancam gawang Arema FC. Tensi dalam pertandingan meningkat pada menit ke-15 ketika Mikael Tata melakukan pelanggaran keras terhadap striker Persebaya, Paulo Victor, yang berujung pada kartu kuning bagi Tata.

Meskipun Arema FC bermain dengan gaya menunggu dan mencari peluang serangan balik, mereka menciptakan peluang bagus melalui tendangan bebas Charles Raphael pada menit ke-21. Namun, gawang Persebaya tetap aman setelah Andhika Ramadhani berhasil menghalau tembakan Raphael.

Pada menit ke-22, Persebaya balik mengancam dengan tendangan jarak jauh Paulo Victor, yang sayangnya hanya melambung tipis di atas mistar gawang. Lima menit kemudian, Persebaya berhasil membuka skor melalui gol melengkung Bruno Moreira. Gol ini berasal dari intersep Bruno Moreira terhadap operan kurang sempurna dari bek Arema, Syaeful Anwar, dan dilanjutkan dengan sepakan melengkung ke pojok kanan gawang Arema FC yang tak mampu dihentikan oleh Julian Schwarzer.

Arema FC menciptakan peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-34 melalui sepakan mendatar Dedik Setiawan, tetapi Arief Catur Pamungkas berhasil menghalau tembakan tersebut tepat di depan garis gawang. Lima menit sebelum babak pertama berakhir, Andre Oktaviansyah melewatkan peluang bagus untuk memperbesar keunggulan Persebaya dengan tembakan yang melenceng.

Pada masa injury time babak pertama, Persebaya berhasil menggandakan keunggulan mereka melalui sundulan Dusan Stevanovic pada menit ke-45+5. Gol ini berasal dari skema sepak pojok yang berhasil tuan rumah maksimalkan.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Persebaya terus menggeber gas permainannya. Setelah lima menit babak kedua, mereka berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0. Ze Valente mencetak gol tersebut dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti menggunakan kaki kirinya. Bola meluncur ke gawang Schwarzer, sehingga klub asuhan Fernando Valente (yang juga merupakan ayah Ze Valente), harus kebobolan untuk ketiga kalinya.

Namun, Singo Edan, julukan untuk Arema FC, tak tinggal diam. Pada menit ke-65, tim Fernando Valente memberikan respons melalui gol Dedik Setiawan. Dedik memanfaatkan umpan dari Dendi Santoso di sekitar kotak penalti. Meskipun usaha pertama Dedik gagal, tetapi tembakan keduanya meluncur mulus dan berhasil masuk ke gawang Andhika Ramadhani.

Pada akhir pertandingan, Arema FC mulai mendominasi permainan. Namun Persebaya justru memiliki peluang bagus melalui Arief Catur pada menit ke-86, meskipun Schwarzer masih mampu menghalau tendangannya. Persebaya berhasil mempertahankan keunggulan mereka dan mengakhiri Derbi Jawa Timur melawan Arema dengan skor akhir 3-1.

Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): 52-Andhika Ramadhani, 2-Arief Catur,23-Kadek Raditya, 5-Dusan Stevanovic, 3-Reva Adi Utama, 7-Song Ui-young, 8-Andre Oktaviansyah, 10-Ze Valente (96-M. Hidayat 85’), 14-Sho Yamamoto (77-Kasim Botan 76’), 9-Paulo Victor (20-Wildan Ramadhani 69’), 99-Bruno Moreira. 

Pelatih: Josep Gombau. 

Arema FC (4-4-2): Schwarzer, Achmad Maulana, Syaeful Anwar, Charles Raphael, Mikael Tata, 41-Dendi Santoso, Ariel Lucero, Jayus Hariono, Arkhan Fikri, Dedik Setiawan, M. Rafli.  

Pelatih: Fernando Valente.

Baca Juga:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *