Connect with us

Piala Dunia

Profil Luis de la Fuente, Pelatih Baru Timnas Spanyol Gantikan Luis Enrique

Profil Luis de la Fuente, Pelatih Baru Timnas Spanyol Gantikan Luis Enrique

Profil Luis de la Fuente, Pelatih baru Timnas Spanyol Gantikan Luis Enrique – Ajang Piala Dunia selalu menghadirkan banyak kejutan. Entah itu seperti pemain yang diprediksi tampil apik malah melempem, hingga tim besar yang dijagiokan juara malah kalah. Hal ini terjadi pada timnas Spanyol di Piala Dunia 2022.

Di laga pertama, Spanyol tampil meyakinkan dengan menggunduli timnas Kosta Rika dengan skor 7-0. tetapi, lambat laun performa Spanyol makin menurun. Puncaknya adalah ketika Spanyol kalah dari Maroko pada babak 16 besar. Kritikan pun menyerang timnas Spanyol dan membuat pelatihnya, Luis Enrique, mutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Pengganti Enrique yaitu pelatih bernama Luis de la Fuente. Siapa sih Luis de la Fuente?

Siapa Luis de la Fuente?

Nama Luis de la Fuente memang masih asing bagi banyak pecinta sepak bola. Ia memang belum pernah melatih tim besar ataupun senior. Luis de la Fuente selama ini memang fokus untuk pengembangan pemain muda Spanyol. Fuente lahir pada tanggal 21 Juni 1961. Luis de la Fuente lahi di Haro, Spanyol.

Semasa mudanya, de la Fuente berkarir sebagai pemain sepak bola dan berposisi sebagai bek kiri. Fuente merupakan pemain Atletic Bilbao dan memiliki karier cemerlang di sana. Di Bilbao, Fuente meraih dua gelar La Liga di tahun 1982/1983 dan 1983/1984. Fuente juga mengantarkan Bilbao juara Copa del Rey di musim 1983/1984.

Karier Pelatih

Luis de la Fuente memulai karier sebagai pelatih pada tahun 1999. Saat itu, Fuente melatih klub kecil bernama Porttugalete dan Aurrera. Fuente pun menangani tim B Atletic Bilbao dari tahun 2006 sampai 2011. Luis de la Fuente pun direkrut sebagai pelatih timnas Spanyol U19 pada tahun 2013.

Sejak saat itu, de la Fuente fokus di pembibitan pemain-pemain muda Spanyol. Di bawah asuhannya, de la Fuente sukses bawa timnas Spanyol U19 juara Piala Eropa U19 pada tahun 2015. Sedereta nama besar di timnas Spanyol saat ini merukapakn anak didikan de la Fuente, seperti Marco Asensio, Dani Ceballos, Mikel Merino, sampai Rodri.

Terbaru, de la Fuente sukses bawa Spanyol raih medali perak di Olimpiade 2020. Catatan positif de la Fuente bersama tim muda Spanyol membuat konfederasi menunjuk mengagantikan Luis Enrique.

Profil Luis de la Fuente, Pelatih Baru Timnas Spanyol Gantikan Luis Enrique

Profil Luis de la Fuente, Pelatih Baru Timnas Spanyol Gantikan Luis Enrique

Untuk jadwal teranyar fase knockout Piala Dunia 2022, kamu bisa cek di sini.

Baca Juga:

Profil Luka Modric, Kapten Kroasia yang Sukses Bikin Fans Brasil Menangis

Tite Mundur setelah Brasil Gagal Lolos Semifinal

Hasil Belanda vs Argentina Imbang 2-2, Albiceleste Lolos Semifinal Lewat Adu Penalti

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P