Connect with us

Liga Indonesia

Profil Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Terbaru

Profil Shayne Pattynama – Nama Shayne Pattynama mendadak jadi perbincangan pecinta bola khususnya di Indonesia. Ya, Shayne Pattynama menjadi pemain yang akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia. Ia menjadi pemain bola kesekian yang telah mengambil sumpah menjadi WNI dan akan membela Timnas Indonesia saat bermain.

Shayne telah mengambil sumpah menjadi WNI pada hari ini (24/1/2023) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta.

Shyane kini menambah daftar pemain naturalisasi di Timnas Indonesia yang mana proyeksinya untuk Piala Asia 2023 mendatang. Sebelum Shayne, sudah ada Jordi Amat dan Shandy Walsh yang terlebih dahulu mengambil sumpah jadi WNI dan akan bergabung dengan TImnas.

Profil Shayne Pattynama

Profil Shayne Pattynama
Shayne Pattynama

Shayne Pattynama punya nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama merupakan seorang pemain bola yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998. Pemain yang kini tengah menginjak usia 24 tahun itu memiliki darah Indonesia dari sang Ayah. Ayahnya merupakan pria asal Semarang yang punya keturunan Maluku. 

Shayne dan Sepak Bola

Shayne sudah bermain sepak bola sejak usia 6 tahun. Ia bisa bermain di 2 posisi sekaligus yaitu gelandang dan juga bek kiri. Pemain dengan tinggi 185 cm ini sudah memperkuat sejumlah klub di negara kelahirannya, Belanda. Tercatat ia telah membela klub SV Lelystad ‘67 (2004 – 2007), Ajax (2007 – 2010), dan juga Utrecht (2010 – 2017). 

Baca Juga: Frank Lampard Dipecat Everton Usai Kalah dari West Ham United

Karier Profesional

Shayne Pattynama

Ia memulai karier profesionalnya di usia 19 tahun, tepatnya di 2017 dengan membela Jong Utrecht, klub yang ia bela sejak usia muda. Shayne bermain selama 2 musim di Eerste Divisie, kompetisi kasta kedua di Belanda. Ia sudah bertanding sebanyak 41 pertandingan.

Ia kemudian pindah ke Telstar, salah satu tim Eerste Divisie juga. Di Telstar, ia menjadi pemain pilar yang membuatnya lebih sering bermain. Total, Shayne telah melakoni 48 laga dengan mencetak 5 gol. 

Ia kemudian pindah ke Norwegia untuk bergabung bersama Viking FK di Eliteserien. Kini ia berkesempatan untuk tampil di Liga kasta tertinggi negara tersebut.

Bersama Viking VK, ia telah tampil dalam 24 laga dengan mencetak 2 gol. Di musim berikutnya, tepatnya 2022, ia tampil 42 kali sepanjang 2 musim.

Dengan segudang pengalamannya di Eropa, akankah Shayne Pattynama akan bermain bagus di Timnas Indonesia? Kita lihat saja nanti!

Baca Juga: 

Dani Alves Terlibat Kasus Pelecehan Seksual, Resmi Didepak dari Klub Pumas UNAM

Kylian Mbappe Borong 5 Gol Lawan Pays de Cassel, Pecahkan Rekor Baru di PSG

Hasil Inter Milan vs Empoli Liga Italia Serie A Berakhir 0-1, Nerazzuri Makin Jauh dari Scudetto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

P