Connect with us

Artikel Top Peluit

Satu Grup di Piala Euro, Mana yang Lebih Unggul Jerman, Perancis atau Portugal?

Ada banyak fakta menarik terjadi setelah hasil draw Piala Euro 2020 diumumkan. Salah satu yang paling membuat para penggemar bola antusias adalah bertemunya Jerman, Perancis dan Portugal dalam satu grup yaitu grup F. Grup ini juga dikenal dengan nama “grup neraka.”

Pemberian nama “grup neraka” tentu bukan tanpa alasan. Selain kerap menjuarai Piala Eropa (masing-masing dari negara tersebut pernah menjuarai Euro sebanyak 3 kali), baik Jerman, Perancis, maupun Portugal juga memenangkan tiga edisi terakhir turnamen besar, yaitu Piala Dunia 2014 dan 2018, serta Piala Eropa 2016.

Bisa dibayangkan bukan betapa excited-nya para penggemar bola untuk melihat performa tiga tim “terkuat” tersebut di perhelatan UEFA 2020 pada bulan Juni hingga Juli nanti? Tidak heran jika sejak tahun lalu banyak ahli dan penggemar bola fanatik mencoba memprediksi mana dari ketiga negara tersebut yang akan keluar sebagai pemenang grup atau bahkan menjadi juara Piala Euro. 

Jerman

Jerman merupakan salah satu negara yang paling banyak diprediksi keunggulannya di Grup F. Hal ini karena, pada perhelatan Euro nanti Jerman akan melakukan seluruh pertandingan di depan para pendukungnya di Munich. Keberadaan suporter loyal dan fakta bahwa pertandingan dilakukan di negara sendiri tentu akan menjadi sumber penyemangat yang efektif.

Selain itu, performa Jerman di babak kualifikasi juga menjadi alasan mengapa negara ini termasuk yang diunggulkan. Bagaimana tidak, pada pertandingan pra-UEFA dengan Bulgaria, Der Panzer mampu mencetak skor 4-0 berkat gol yang dilakukan oleh Matthias Ginter, Leon Goretz, dan Toni Kroos.

Meskipun begitu, keunggulan Jerman di babak kualifikasi tidak serta merta membuat semua orang memfavoritkan negara ini sebagai tim yang unggul di Grup F. Salah satu yang pesimis terhadap kemenangan Jerman justru pelatihnya sendiri, yaitu Joachim Loew.

Joachim Low

Pelatih Jerman, Joachim Low

Pelatih yang telah menghadirkan trofi Piala Dunia untuk Jerman pada tahun 2014 ini justru menganggap anak didiknya bukanlah tim yang kuat. Karena sejak ditunjuk memegangi timnas Jerman pada tahun 2006 silam, Joachim Loew dan para pemain belum bisa mempersembahkan gelar apapun

Saat ini timnas utama Jerman memang didominasi pemain muda dan baru. Sejak awal tahun, pemain lama seperti Mesut Ozil memang sudah tidak digunakan lagi demi regenerasi. Satu-satunya pemain lama yang masih digunakan adalah Toni Kroos. Mungkin hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab Joachim Loew pesimis anak didiknya akan keluar sebagai pemenang Euro.

Portugal

Sebagai pemenang periode sebelumnya, tentu banyak yang mengantisipasi performa Portugal di pertandingan Piala Euro tahun 2020 nanti. Termasuk salah satunya, Luis Figo, legenda timnas Portugal. Meskipun bergabung di “grup neraka” tetapi Figo yakin Portugal akan berhasil mempertahankan gelar juara karena perjalanan mereka menuju babak utama Euro cukup panjang.

Tim yang digawangi oleh Christiano Ronaldo tersebut berhasil mengalahkan beberapa negara dan mendapatkan tiket pasti melaju ke final bersama dengan Belanda dan Perancis. Meskipun teman satu grupnya cukup memiliki nama dan peluang kemenangan yang tinggi, Figo percaya Portugal mampu melaju ke babak selanjutnya.

Cristiano Ronaldo 7

Sebab skema pertandingan menunjukkan, Portugal akan bertanding dengan salah satu negara yang lolos di babak play off yaitu Islandia, Romania, Bulgaria, atau Hongaria. Apabila timnas mampu mengalahkan negara tersebut, maka Portugal tidak perlu khawatir bertemu dengan Jerman atau Perancis.

Prediksi ini cukup banyak di-amin-kan oleh para penggemar bola. Mengingat Portugal juga dipastikan akan bertanding sekuat tenaga dan semaksimal mungkin untuk mempertahankan trofi dan gelar juara Piala Eropa Tahun 2020.

Perancis

Perjalanan Perancis untuk masuk ke babak utama Euro tidaklah mudah. Sebab timnas yang dijuluki Les Bleus ini sempat bertanding sengit dengan timnas Turki dan berhasil ditahan imbang 1-1 pada babak kualifikasi. Meskipun akhirnya harus bertemu dengan dua negara yang berpeluang besar untuk menang di grup F, tetapi banyak yang yakin Perancis akan mampu meraih gelar juara Euro untuk yang kesekian kalinya.

Laman resmi UEFA mencatat, negara ini pernah menjadi juara Piala Dunia 1998 dan 2018 berkat kerja keras pemain dan pelatih yang kompak. Jadi soal performa di hadapan publik, Perancis tidak perlu diragukan lagi. Ditambah hasil “mengecewakan” dari beberapa pertandingan di babak kualifikasi, Perancis tentu akan terpicu untuk tampil semaksimal mungkin dan memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Selebrasi-Prancis di Piala Dunia 2018

Selebrasi Prancis di Piala Dunia 2018

Pada pertandingan di babak penyisihan grup UEFA Euro 2020 nanti, Perancis akan menghadapi Jerman. Banyak yang memprediksi pertandingan tersebut akan dimenangkan oleh Jerman yang tercatat memenangkan beberapa duel dalam babak kualifikasi.

Padahal kehadiran Perancis bisa menjadi rintangan yang cukup solid bagi Jerman untuk keluar sebagai juara grup. Mengingat baik Jerman maupun Perancis sama-sama berharap trofi Piala Eropa akan jatuh ke tangan mereka lagi, dan menorehkan sejarah yang membanggakan bangsa masing-masing.

Jadi kira-kira, siapa ya yang akan keluar sebagai juara grup F atau bahkan pemenang Euro tahun ini? 

Apakah Jerman dengan peluangnya yang besar karena akan bertanding di tanah kelahiran sendiri, Portugal yang akan berusaha mati-matian mempertahankan gelarnya, Perancis yang bertanding berdasarkan keputusasaan, atau bahkan tim yang lolos di babak play off dan menjadi kuda hitam?

Pastikan untuk menyaksikan setiap pertandingan Piala Eropa 2020 dan jangan lewatkan setiap momen menegangkan untuk mengetahui juara tahun ini, ya. Pritt!!!!

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cuplikan Pertandingan

Real Madrid 1-1 Osasuna Pekan 7
Posted on 3 Oktober 2022 by Raul7
3 views
Atlético Madrid 1-2 Real Madrid Pekan 6
Posted on 19 September 2022 by Raul7
279 views
UD Almería 0-1 Osasuna Pekan 5
Posted on 13 September 2022 by Raul7
7 views
Real Betis Balompié 1-0 Villarreal Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
5 views
Getafe 2-1 Real Sociedad Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
3 views
Elche CF 1-4 Athletic Club Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Real Madrid 4-1 RCD Mallorca Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Atlético Madrid 4-1 Celta Vigo Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views
Cádiz CF 0-4 Barcelona Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
4 views
Espanyol 2-3 Sevilla Pekan 5
Posted on 12 September 2022 by Raul7
2 views

LIKE US ON FACEBOOK

More in Artikel Top Peluit