Connect with us

Piala Dunia

Timnas yang Pernah Back to Back Final Piala Dunia, Ada yang Juara Ada juga yang Gagal

Timnas yang Pernah Back to Back Final Piala Dunia, Ada yang Juara Ada juga yang Gagal

Timnas yang Pernah Back to Back Final Piala Dunia - Timnas Prancis menjadi sorotan karena berhasil lepas dari kutukan juara Piala Dunia. Ya, Mbappe dan kawan-kawan justru bisa melangkah ke Final Piala Dunia 2022 dengan hasil yang sangat mengagumkan. 

Biasanya, juara bertahan akan terseok-seok di Piala Dunia edisi berikutnya. Namun, Les Bleus membuktikan bahwa mereka kini merupakan generasi superior yang dapat back to back sampai ke final. Meskipun Prancis kini dikenang karena menjadi generasi emas, namun ternyata mereka bukanlah yang pertama yang berhasil back to back hingga ke final. 

Berikut ini adalah beberapa timnas yang pernah merasakan back to back final Piala Dunia. Ada yang juara lagi, ada juga yang apes. Siapa saja itu?

Italia

Timnas yang Pernah Back to Back Final Piala Dunia

1934 World Cup Final, Rome, Italy, Italy 2 v Czechoslovakia 1, 10th June, 1934, The victorious Italian team carry their coach Vittorio Pozzo as they celebrate an historic victory (Photo by Bob Thomas/Popperfoto/Getty Images)

Timnas Italia merupakan negara pertama yang berhasil back to back final Piala Dunia. Mereka merasakan dua kali final pada tahun 1934 dan 1938. Tidak hanya dua kali final, mereka bahkan membawa pulang piala emas dua kali secara beruntun di tahun tersebut.

Atas hasil ini, Italia menjadi negara pertama yang berhasil juara dunia secara beruntun.

Brasil

Brasil 1958

Brasil 1958

Timnas Brasil pernah menembus final dan menjadi juara setelah mengalahkan Swedia di tahun 1958. Di edisi selanjutnya, tepatnya tahun 1962, Brasil kembali mencapai final dan berhasil mengalahkan Ceska dengan skor 3-1. 

Brasil kembali kembali back to back pada edisi 1994 dan 1998. Di edisi 1994, Selecao berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Italia melalui adu penalti dengan skor 3-2. Namun, di edisi 1998, mereka yang kembali ke final gagal mempertahankan gelar dan harus menyerahkan piala kepada Prancis.

Belanda

Timnas Belanda 1974

Timnas Belanda 1974

Belanda berhasil sampai ke final pada 1974, namun mereka gagal meraih kemenangan setelah kalah dari Jerman barat. Di edisi selanjutnya, tepatnya pada 1978, Belanda kembali menembus final. Sayangnya, mereka harus gagal meraih juara untuk kedua kalinya setelah harus tunduk oleh keperkasaan Argentina.

Jerman Barat

Timnas Jerman 1990

Timnas Jerman 1990

Timnas Jerman yang kala itu masih bernama Jerman Barat bisa sampai final Piala Dunia 1982. Sayangnya, mereka kalah dari Italia dengan skor 1-3. Di edisi selanjutnya, tepatnya di tahun 1986, Jerman Barat kembali sampai ke partai final namun kalah dengan Argentina dengan skor 2-3. 

Mereka kembali mencapai final di tahun 1990. Balas dendam atas 2 kali kekalahan mereka di partai final terbayarkan. Jerman bisa mengalahkan Argentina di partai puncak dengan skor 1-0.

Argentina

Timnas Argentina 1986

Timnas Argentina 1986

Argentina di tahun 1986 menjadi juara setelah mengalahkan Jerman barat di partai final. Empat tahun kemudian, tepatnya di tahun 1990, Argentina kembali mencapai final. Sayangnya, ketika berhadapan lagi dengan Jerman Barat, mereka harus kalah dan menyerahkan trofi Piala Dunia 1990 ke tangan Jerman barat.

Itulah beberapa Timnas yang pernah back to back ke final Piala Dunia. Prancis kini mencatatkan sejarah dengan back to back partai final 2018 dan 2022. Akankah Prancis kembali menjadi juara dunia? Kita lihat saja di partai final Minggu (18/12/2022) nanti!

Baca Juga

Prediksi Argentina vs Prancis Final Piala Dunia 2022, Persembahan Terakhir Messi untuk Albiceleste

Jadwal Final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis akan Berlangsung Seru

Prediksi Kroasia vs Maroko Perebutan Juara Tiga Piala Dunia 2022, Ajang Rematch

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P