Connect with us

Piala Dunia

Trofi Piala Dunia dan Fakta di Baliknya, Pernah Hilang dan Harganya Ratusan Miliar!

Trofi Piala Dunia dan Fakta di Baliknya, Pernah Hilang dan Harganya Ratusan Miliar!

Trofi Piala Dunia dan Fakta di Baliknya ternyata cukup menarik. Siapa sangka bahwa benda yang satu ini punya banyak sekali sejarah dan fakta-fakta unik. Diperebutkan setiap empat tahun sekali, benda satu ini menyimpan banyak cerita. Seperti apa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Fakta Trofi Piala Dunia

Kali ini Peluit Panjang akan lebih membahas mengenai fakta yang banyak diperbincangkan saja ya. Kalau dibahas semua kayaknya bakalan panjang dan keburu kick-off.

Trofi Piala Dunia Hilang

Bentuk Trofi  yang kita tahu sekarang, dulunya nggak begitu lho. Dulu lebih ramping dengan bentuk seorang dewi Nike yang anggun sebagai lambang kesuksesan. Namanya dulu adalah Jules Rimet. Nah, benda legendaris ini ternyata pernah hilang!

Trofi Piala Dunia Jules Rimet

Tahun 1966, ada pameran Jules Rimet di Inggris jelang bergulirnya Piala Dunia. Rencananya bakal dipamerkan di Westminster Central Hall, London. Jelang seminggu sebelum pameran ternyata trofi itu tidak ada di tempatnya. Sepekan kemudian seekor anjing milik warga London menemukan Jules Rimet di halaman dengan dibungkus koran.

Ternyata tidak sekali. Trofi Piala Dunia Jules Rimet hilang dua kali, kali ini di Brasil. Bedanya ini tidak pernah ditemukan. Kecurigaan publik kala itu dibuang oleh petugas kebersihan karena dianggap replika. Tapi ada juga yang bilang kalau Jules Rimet dicuri dari Federasi Sepak Bola Brasil.

Apakah trofi piala dunia itu emas?

Jika diperhatikan, bukan terbuat dari emas murni, kok. Tapi di dalamnya terkandung emas dengan 18 karat yang juga punya dua lapisan perunggu. Menurut berbagai sumber, Trofi tersebut juga terbuat dari batu yang disebut biduri pandan atau batu permata bernama malasit. Jadi bukan emas murni yaa.

Tapi kalau dijual berapa ya meski bukan emas? Pasti mahal dong.

Berapa Harga Trofi Piala Dunia?

Mengutip dari banyak sumber, harga Trofi Piala Dunia adalah sekitar 17 Juta Euro atau setara dengan Rp247,13 miliar. Waduh cukup mahal juga, yaa. Pantesan aja bisa hilang. Kalau dicuri dan dijual bisa beli apa uang segitu?

Tapi itu bukan harga yang mutlak ya. Ada sumber lain yang menyebutkan bahwa harganya adalah 20 juta Euro. Kok lebih mahal ya? Hmmm… kalau dirupiahkan sekitar Rp290 miliar. Aduh, kalau dibelikan Lamborghini Huracan terbaru, bisa dapat 32 biji. Bayangkan ada Lambo berjajar 32 biji depan rumah. Auto didatangi petugas pajak!

Baca Juga:

DI LEVEL PIALA DUNIA MESSI SELALU LOYO, GITU MAU BAWA ARGENTINA JUARA?

JADWAL LENGKAP PIALA DUNIA 2022

PREDIKSI AMERIKA SERIKAT VS WALES, BALE MASIH MAIN?

Siapa yang Membuat trofi Piala Dunia?

Setelah era Jules Rimet, terbitlah Trofi Piala Dunia FIFA yang kita kenal sekarang. Jika kalian kepo siapa orang yang berjasa membuatnya? Jawabannya adalah pematung terkenal asal Italia, bernama Silvio Gazzaniga.

Bentuknya sangay ikonik sekali, yaitu orang yang sedang angkat tangan membelakangi bumi. Sejak tahun 1974, piala inilah yang dipakai hingga sekarang.

Berapa Berat Trofi Piala Dunia yang Asli?

Berat Trofi Piala Dunia yang asli adalah 5,5kg. Ukurannya cukup ideal untuk dipegang dengan tangan dan cukup memudahkan para pemain berlari membawanya. Tinggi dari piala ini adalah 36 cm. Tidak terlalu tinggi, karena kalau terlalu tinggi namanya bukan trofi tapi harapanmu bersanding dengannya. Ups, bercanda ya!

Well, jadi itulah fakta-fakta unik dan menarik tentang Trofi yang sering kita lihat. Ada yang tahu fakta lainnya? Komen di bawah ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Piala Dunia

P