Connect with us

Liga Dunia

Wasit Keluarkan Kartu Putih di Laga Benfica vs Sporting, Apa Artinya?

Wasit Keluarkan Kartu Putih

Wasit Keluarkan Kartu Putih, Apa Artinya? – Sebuah pemandangan yang cukup langka terjadi di Liga Portugal, tepatnya di Piala Wanita Portugal yang mempertemukan Benfica dan Sporting Lisbon pada Sabtu (21/1/2023) kemarin. Wasit mengeluarkan kartu putih dalam laga tersebut.

Seperti kita tahu, umumnya, wasit sepak bola hanya mengeluarkan kartu kuning dan kartu merah ketika terjadi pelanggaran. Kartu kuning berarti pelanggaran ringan atau peringatan kepada pemain tersebut. Sedangkan kartu merah berarti pemain telah melakukan pelanggaran berat dan harus keluar dari pertandingan.

Lalu, apa arti dari kartu putih?

Arti Wasit Keluarkan Kartu Putih

Melansir dari Sky Sport Catarina Campos selaku wasit yang memimpin laga Benfica vs Sporting mengeluarkan kartu putih usai staf medis dari kedua klub membantu seorang fans yang pingsan di bangku penonton. Hal ini terjadi ketika Benfica sedang unggul 3-0 atas Sporting Lisbon.

Ternyata, Wasit melakukan hal tersebut sebagai apresiasi terhadap staf medis kedua tim yang melakukan tindakan fair play di laga tersebut. Usai wasit mengeluarkan kartu putih, penonton pun langsung bersorak.

Baca Juga: Antony dan Bruno Fernandes Cekcok di Atas Lapangan, Ini Komentar Erik Ten Hag

Hanya Ada di Portugal

Ternyata, Wasit keluarkan kartu putih masih hanya ada di Portugal. Ini merupakan bagian dari inisiatif Rencana Etika Olahraga Nasional Portugal agar mendorong para pemain yang adil dan fair play dan Federasi Sepak Bola Portugal sudah mencoba untuk mengadopsi hal ini.

Selama ini, kita hanya mengenal kartu kuning dan kartu merah sebagai bentuk hukuman kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Federasi Sepak Bola Portugal ingin ada apresiasi kepada pemain dan mereka yang terlibat di lapangan apabila mereka melakukan tindakan yang baik atau fair play

Sejauh ini, hanya Portugal saja yang punya aturan terkait kartu putih tresebut.

Ada lagi Kartu Hijau

Kartu Hijau

Memberikan kartu selain kuning dan merah juga pernah terjadi di laga Serie B antara Virtus Entella vs Vicenza pada 4 Oktober 2016. Namun, bukan kartu putih yang dikeluarkan wasit, melainkan kartu hijau.

Hal ini bermula ketika pemain Vicenza, Cristian Galano mendapat umpan dari sisi kanan. Ia langsung melepaskan sepakan namun gagal berbuah gol karena bola melambung di atas mistar gawang Virtus.

Wasit sempat menunjuk sudut lapangan dan hendak memberikan sepak pojok kepada Vicenza. Namun, Galano justru meminta wasit tak memberikan tendangan penjuru kepada Vicenza. Pasalnya, ia merasa tendangannya murni melambung dan tidfak mengenai pemain Virtus sama sekali.

Atas tindakannya yang sportif tersebut, wasit mengeluarkan kartu hijau kepada Galano.

Gimana nih, kira-kira aturan wasit ini, apakah efektif di sepak bola masa depan untuk meningkatkan fair play para pemain bola?

Baca Juga:

Gareth Bale Pensiun Demi Jadi Pemain Golf Profesional, Hoax atau Fakta?

Hasil Lazio vs AC Milan Liga Italia 2023 Berakhir 4-0, Tim Elang Sukses Permalukan Rossoneri 

Profil Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Terbaru

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIKE US ON FACEBOOK

More in Liga Dunia

P